Web Analytics

iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusi Dari Mantan Teknisi Apple

iPhone anda mati total dan tidak bisa di charge? Padahal banyak sekali file pekerjaan yang harus anda akses secepatnya bukan? atau mungkin anda lupa menyiapkan backup data iPhone anda? Tenang, ada beberapa solusi yang bisa …

iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

iPhone anda mati total dan tidak bisa di charge? Padahal banyak sekali file pekerjaan yang harus anda akses secepatnya bukan? atau mungkin anda lupa menyiapkan backup data iPhone anda?

Tenang, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan secepatnya karena sebagian besar masalah charging iPhone dapat perbaiki dari rumah saja tanpa harus pergi ke Teknisi Apple Care.

Dalam artikel ini, akan kita bahas bagaimana cara memperbaiki iPhone yang mati total dan tidak bisa di charge berikut dengan langkah-langkahnya.

Langkah-langkah ini bersumber dari Payette Forward, mantan teknisi Apple yang memang pekerjaan sehari-harinya kala itu adalah memperbaiki masalah Charging iPhone.

Setidaknya inilah tahapan yang wajib anda lakukan sebelum memutuskan untuk memperbaiki iPhone kesayangan anda di Toko Resmi Apple terdekat yang tentu saja cukup menyita waktu.

Jika iPhone Anda tidak bisa dicas dengan charger dinding tapi hanya bisa dicas melalui USB laptop atau mobil, silahkan baca artikel ini iPhone Tidak bisa Mengecas di Stop Kontak tapi Bisa Dicas di Laptop atau Mobil, Ini Solusinya

Daftar Isi

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai

Salah satu pertanyaan yang paling sering kita tanyakan ketika bertemu dengan teknisi Apple adalah:

“Kalau iPhone saya tidak bisa di charge, apakah saya harus ganti baterai baru?”

Terlepas dari apa yang anda baca di beberapa website di luar sana, jawabannya adalah TIDAK! Terlalu banyak kesalahan informasi yang bertebaran di Internet, hingga membuat sebagian besar konsumen salah paham.

BACA JUGA  Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Dan ini juga menjadi salah satu alasan artikel ini ditulis, sebagai mantan teknisi Apple yang sudah menangani ratusan iPhone yang tidak bisa di charge, beliau menekankan bahwa “Mengganti baterai iphone bukan langkah yang tepat untuk dilakukan”.

Karena pada umumnya; sumber masalah ini sebenarnya ada di software iPhone tersebut – bukan hardware – yang mana software inilah yang menolak arus listrik atau proses charging (pengecasan baterai).

Kalau perangkat Anda tidak bisa di charge, 99% kenyataannya, mengganti baterai tidak akan mengatasi masalah ini.

dan kalaupun ada masalah pada Hardware, kemungkinan besar masalahnya ada di Port Charging atau lubang pengecas-an saja, ini juga akan kita bahas nanti.

Cara Mengatasi iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

1. Hard Reset

Ya, terkadang solusi masalah seperti ini sebenarnya cukup mudah, hanya dengan melakukan hard reset atau me-reset pabrik.

Untuk anda ketahui, inilah langkah pertama yang akan dilakukan para teknisi Apple dan ini juga sangat mudah dilakukan dari rumah atau dimanapun anda berada.

BACA JUGA  iPhone Nyala Tapi Layar Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Hard Reset Pada iPhone?

Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk model iPhone 6S, 6S Plus, SE dan model yang lebih lama; tekan dan tahan Tombol Power dan Tombol Home secara bersamaan sampai anda melihat logo Apple muncul dilayar iPhone, lalu lepaskan.

Untuk model iPhone 7 dan 7 Plus; tekan dan tahan Tombol Power dan Tombol Volume (-) secara bersamaan sampai logo Apple muncul dilayar, lalu lepaskan.

Dan untuk iPhone 8, 8 Plus, X, XS, XS Max dan XR; ada 3 langkah, anda harus sedikit gesit untuk tipe ini, yaitu:

  1. Tekan cepat dan lepaskan Tombol Volume (+)
  2. Tekan cepat dan lepaskan Tombol Volume (-)
  3. Lalu Tekan dan tahan Tombol Power (disebut dengan “Tombol Samping” pada iPhone X) sampai logo Apple muncul dilayar, lalu lepaskan.

Catatan Penting: Kesalahan yang paling sering dilakukan saat melakukan hard reset pada iPhone adalah mereka tidak menahan tombolnya cukup lama. Dan pada iPhone 8 dan iPhone X, pastikan anda menekan dua tombol pertama yaitu Tombol Volume (+) dan Tombol Volume (-) dengan cepat dan menahan Tombol Power cukup lama, karena terkadang prosesnya butuh waktu lebih dari 20 detik.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone? Gampang! Begini Caranya

Kalau cara ini tidak berhasil, jangan khawatir. Kita akan coba menge-check hardware atau perangkat keras dilangkah berikutnya.

2. Cek Kerusakan Pada Kabel Charger

Lihat dengan seksama pada bagian kedua ujung kabel charger anda. Kabel charger iPhone memang rentan berjumbai atau berserabut, entah mengapa ini memang sering terjadi pada kabel produk Apple, hal ini juga pernah terjadi pada kabel charger Macbook Air saya.

Kalau ini juga terjadi pada kabel charger, mungkin memang sudah waktunya untuk mengganti kabel charger yang baru.

Bagaimana caranya memastikan bahwa memang “Kabel Charger” penyebab iPhone tidak bisa di charge?

Kalau tidak ada kerusakan yang nampak pada bagian luar kabel, lepaskan kabel charger dari adaptor dan coba masukkan kabel charger iPhone tersebut ke Port USB komputer anda untuk mengecas baterainya.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2021 Untuk Smartphone

Kalau anda memang sudah men-charge menggunakan komputer, sebaliknya coba gunakan adaptor bawaan, kalau ternyata iPhone bisa di charge disalah satunya berarti kabel anda tidak bermasalah.

Mungkin yang satu ini sudah cukup jelas ya, tapi terkadang anda lupa bahwa cara terbaik untuk memastikan kabel anda bermasalah atau tidak adalah mencoba men-charge iPhone anda dengan meminjam kabel charger teman.

Kalau hidup seketika tepat sesudah memasukkan kabel chargernya, sudah jelas, kabel andalah yang bermasalah.

Jangan Lupakan Garansi!

Jika masih dalam masa garansi, Kabel USB dan semua perlengkapan yang ada didalam kotak iPhone dipastikan terlindungi. Artinya Apple akan mengganti kabel charger anda tanpa biaya sepeserpun selagi masih dalam kondisi yang layak.

Kabel Pihak Ketiga Yang Seringkali Jadi Sumber Masalah Pengecasan

Salah satu penyebab yang paling lumrah mengapa iPhone anda tidak bisa di charge adalah karena kabel charger pihak ketiga kualitas rendah yang ada dipasaran sekarang ini.

BACA JUGA  IPhone 12 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kabel buatan Apple memang mahal tapi berdasarkan pengalaman mayoritas konsumen Apple, kualitas kabel murah dikisaran 70-100 ribu itu sangat tidak sebanding dengan kualitas kabel aslinya.

Kalaupun anda mau membeli kabel pihak ketiga alias kabel non-orisinil, pastikan anda membeli merek yang cukup dikenal kualitasnya seperti KINPS dan AmazonBasics.

Jangan khawatir, produk-produk ini juga sudah tersedia di beberapa Marketplace Online terkenal di Indonesia. Anda juga bisa memilih panjang kabel kisaran 2 meter, cocok untuk anda yang suka menggunakan iPhone sambil rebahan.

3. Cobalah Gunakan Charger iPhone Yang Berbeda

Apa anda pernah menggunakan jenis charger lain selain yang anda gunakan sehari-hari? Misalnya, charger mobil, iPhone speaker dock, laptop USB dan masih ada banyak cara lain untuk mengecas.

Jangan lupa sebenarnya ‘software’ lah yang menentukan perangkat tersebut ‘di cas’ atau ‘tidak’ ketika tersambung ke aksesoris. Jika software mendeteksi arus listrik yang tidak stabil maka dia otomatis akan menolak pengecasan sebagai tindakan pencegahan dari situasi berbahaya seperti arus pendek, terbakar, dll.

BACA JUGA  iPhone Hanya Bisa Dicas di Laptop atau Mobil, Ini Solusinya

Hati-Hati Memilih Fast Charging (pengisian daya cepat) di Pasaran

Kalau anda butuh charger baru dan sama halnya dengan kabel, selain merek Apple kami sangat menyarankan anda membeli merek yang kami rekomendasikan diatas, yaitu KINPS & AmazonBasics.

Ampere maksimal untuk iPhone yang direkomendasikan oleh Apple adalah 2.1 amps, jika melebihi batas bisa merusak perangkat. Tidak seperti kabel pihak ketiga murahan yang banyak dipasaran yang bisa merusak baterai, kemampuan merek yang kami sebutkan diatas pastinya akan mengecas dengan cepat dan aman.

4. Bersihkan Kotoran Dari Port Pengisian Daya

Ambil senter dan lihat dengan teliti port pengisian daya di bagian bawah iPhone anda. Jika Anda melihat puing-puing atau kotoran di sana, kotoran itu mungkin menghalangi kabel charger lightning untuk membuat sambungan yang kuat ke iPhone Anda.

Ada banyak konektor di port pengisian daya iPhone (dikabel charger ada 9 konektor), kalau ada 1 konektor saja yang terhalang maka iPhone anda tidak akan mengisi daya sama sekali.

BACA JUGA  Pre Order iPhone 12 Sudah Dibuka Untuk Indonesia

Bagaimana kalau anda menemukan serat, remah-remah atau kotoran lainnya di port pengisian daya?

Ya, sudah waktunya dibersihkan.

Catatan penting:  anda tidak boleh memakai alat yang bisa mengalirkan arus listrik atau benda keras yang bisa merusak eletronik dibagian bawah iPhone.

Caranya: Ambil sikat gigi (sikat gigi yang belum pernah anda gunakan sebelumnya) dan sikat perlahan port pengisisan daya iPhone.

Teknisi Apple biasanya menggunakan sikat anti-statis yang mewah (bisa dibeli dengan harga murah di Tokopedia atau Shopee), tetapi pakai sikat gigi juga tidak masalah dan tetap berfungsi dengan baik.

Bagaimana Kalau Ada Cairan Didalam Port Pengisian Daya?

Salah satu penyebab paling umum mengapa iPhone tidak bisa di charge adalah karena kerusakan yang disebabkan oleh cairan. Kerusakan yang diakibatkan oleh cairan ini dapat membuat arus pendek di port pengisian daya iPhone dan pada akhirnya akan mengakibatkan munculnya rentetan masalah-masalah lainnya.

5. Masuk ke DFU Mode (Device Firmware Update) dan Pulihkan (Restore)

Meskipun iPhone anda masih tidak bisa di charge sama sekali, tenang, masih bisa diselamatkan dengan DFU Mode. Anda sudah melakukan semua langkah-langkah diatas, mengecek kabel USB, charger, bolak-balik bahkan sampai membersihkan port pengisian daya iPhone.

BACA JUGA  Baterai iPhone 6 Cepat Habis? Begini Cara Memeriksa Penggunaan Baterai di iOS 8

Jadi, kini saatnya melakukan upaya terakhir yaitu pemulihan DFU Mode (recovery mode).

DFU Mode adalah jenis pemulihan khusus yang saat anda memulihkan iPhone dengan cara ini artinya anda akan menghapus semua yang ada di dalamnya dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik atau kembali seperti disaat pertama kali anda membeli iPhone tersebut.

Ini juga akan mengatasi masalah sofware yang paling parah sekalipun – dengan catatan – jika memang ada.

Bagaimana Cara Memasuki DFU Mode di iPhone? Untuk caranya, anda bisa klik link ini lalu pilih cara yang sesuai dengan model atau tipe iPhone anda.

Kalau cara ini masih tidak berhasil, tidak ada jalan lain…

6. Perbaiki dan Servis di Toko Apple Terdekat

Jika Anda pergi ke Apple Store untuk memperbaiki iPhone Anda dan telah terjadi kerusakan cairan atau fisik pada ponsel, satu-satunya pilihan yang dapat mereka tawarkan adalah mengganti seutuhnya.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone? Gampang! Begini Caranya

Jika Anda tidak memiliki AppleCare+, siap-siap merogoh kantong anda karena ini bisa menjadi sangat mahal dan jika Anda menyimpan gambar, video, atau informasi pribadi lainnya dan iPhone Anda tidak dapat mengisi daya, Apple akan mengatakan bahwa semua data itu akan hilang selamanya.

Dan jika anda tahu alternatif tempat service produk Apple tidak resmi yang dapat anda percayai kemampuannya, tidak ada salahnya mencoba jasa mereka atau sekedar meminta pendapat mereka.

Karena biasanya para teknisi tersebut punya ide-ide alternatif yang mungkin tidak bisa diberikan oleh teknisi resmi Apple karena keterikatan dengan aturan-aturan perusahaan yang tidak boleh dilanggar.

Semoga salah satu diantara langkah-langkah diatas dapat membantu memulihkan iPhone anda, saya harap iPhone anda segera pulih dan kembali seperti sedia kala dan jangan lupa untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan iPhone kesayangan anda yang tentu saja untuk menghindari masalah-masalah seperti ini.