Gempa Guncang Banda Aceh Waktu Dini Hari

Gempa Guncang Banda Aceh Waktu Dini Hari

Pada waktu dini hari, gempa mengguncang Banda Aceh dan sekitarnya. Tepat pada pukul 01:33 WIB terjadi gempa selama beberapa detik, hal ini pastinya membangunkan warga mengingat pada saat itu merupakan waktu tidur.

Berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa memiliki kekuatan  5,3 SR. Namun sampai sekarang belum dilaporkan korban jiwa.

Apalagi gempa ini juga membuat gedung bertingkat bergetar sehingga menimbulkan kepanikan warga, walaupun sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa dan bangunan rusak. Namun warga dihimbau untuk selalu waspada apabila terjadi hal tidak diinginkan seperti tsunami.

Sebab pada tahun 2004 Banda Aceh pernah diguncang gempa yang berpotensi tsunami, di mana dari bencana alam tersebut memakan banyak korban jiwa.

Tidak Berpotensi Menimbulkan Tsunami

Gempa yang berkekuatan 5,3 SR tersebut tentunya menimbulkan rasa panik, namun BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Jadi warga tidak perlu khawatir, ditambah lagi guncangan gempa termasuk dalam skala IVV MMI. Pada skala tersebut guncangan dari dirasakan oleh orang di dalam maupun di luar rumah.

Dengan kekuatan sebesar itu maka bisa menyebabkan kerusakan pada gerabah, jendela berderik dan dinding berbunyi. Akan tetapi sampai sekarang tidak akan kerusakan akibat gempa tersebut.

Ditambah lagi gempa tidak menyebabkan tsunami, mengingat tsunami merupakan ketakutan tersendiri bagi warga Banda Aceh sekitarnya.  Namun gempa ini hanya mengejutkan warga karena terjadi pada  saat dini hari.

Pusat Kemunculan Gempa

Berdasarkan data dari BMKG adalah gempa berlokasi di 30 km bagian timur laut Banda Aceh, di mana terjadi pada kedalaman 10 km. Berdasarkan titik kordinatnya adalah 5.69 Lintang Utara dan 95,56 Bujur Timur.

Namun BKMG menyatakan agar warga selalu waspada karena tidak menutup kemungkinan terdapat gempa susulan, walaupun tidak menyebabkan tsunami.

Akan tetapi kerusakan akibat gempa juga tidak kalah membahayakan, sebab bisa memakan korban jiwa akibat tertimbun runtuhan bangunan yang hancur.

Tentunya terjadinya gempa di kawasan Indonesia tidaklah mengherankan, mengingat lokasi Indonesia berada di antara titik pertemuan 3 lempeng yang aktif. Jadi tidak heran jika seluruh kawasan di Indonesia sering mengalami gempa seperti Banda Aceh.

Check Also

Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Ida Fauziyah menyatakan BLT BPJS ketenagakerjaan dengan nilai 1,2 juta rupiah akan …