Bentuk Kegiatan untuk Perayaaan Hari Pahlawan 10 November 2020

Bentuk Kegiatan untuk Perayaan Hari Pahlawan 10 November 2020

Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Hari yang diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur membela tanah air. Gugur mempertahankan tanah air dari ancaman penjajah.

Jika menilik sejarah, pada zaman dahulu tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran hebat antara militer Indonesia dan sekutu. Sekutu yang dimaksud adalah tentara Inggris dan Belanda. Pertempuran tersebut menewaskan pejuang Indonesia hampir sekitar 6.000 sampai 16.000 orang.

Dengan banyaknya pejuang Indonesia yang gugur tersebut, melalui Keputusan Presiden nomor 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 ditetapkan bahwa tanggal 10 November adalah hari pahlawan nasional.

Bentuk Kegiatan untuk Perayaan Hari Pahlawan

Peringatan hari pahlawan tahun 2020 ini sungguh berbeda dengan perayaan tahun lalu. Karena diperangi saat kondisi pandemi Covid-19. Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian Sosial membahas rapat membahas mengenai tema dan bentuk acara menarik.

Rapat dipimpin oleh Dirjen atau Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto. Dalam rapat tersebut juga mengundang beberapa mitra dan pihak untuk pengadaan kegiatan utama dan penunjang.

Bentuk kegiatan peringatan hari pahlawan bermacam-macam. Secara garis besar berdasarkan rapat yang dirumuskan oleh Kementerian Sosial secara garis besar ada kegiatan inti dan penunjang. Berikut di antaranya.

Kegiatan Inti

Kegiatan inti dalam memperingati hari pahlawan sama seperti peringatan tahun sebelumnya, upacara ziarah nasional dilakukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Untuk inspektur upacara akan dipimpin oleh presiden Joko Widodo.

Selain upacara, kegiatan lain yang dilakukan adalah penganugerahan gelar pahlawan nasional oleh presiden Joko Widodo. Dan terakhir adalah tabur bunga di laut.

Kegiatan Penunjang

Bentuk kegiatan penunjang yang dapat dilakukan adalah lomba-lomba kepahlawanan. Misalnya lomba foto, lomba busana, hingga lomba kreatif. Selain itu juga pengadaan webinar atau seminar online.

Seminar online dilakukan melalui platform Zoom maupun Youtube. Pada acara webinar dilakukan dengan mengundang narasumber yang menginspirasi dari berbagai latar belakang dan kalangan. Selain itu webinar memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi secara online.

Bentuk kegiatan untuk merayakan hari pahlawan di tengah pandemi Covid-19 sangat beragam. Yang pasti didesain menarik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Agar semangat tetap membara sepanjang masa, seperti tema peringatan acara tahun 2020, “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Check Also

Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Ida Fauziyah menyatakan BLT BPJS ketenagakerjaan dengan nilai 1,2 juta rupiah akan …