by

Joe Biden Menang Pemilu, Berikut Harapan Pemimpin Dunia

Joe Biden berhasil menjadi pemenang dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat. Joe berhasil menjadi pemenang mutlak pada pemilihan presiden.

Dia berhasil mengalahkan pasangan petahana atau incumbent, Donald Trump, dengan kemenangan di 46 negara bagian, dari total 50 negara bagian.

Joe mendapatkan suara ektoral sebanyak 279, unggul 9 suara dari batas minimal untuk menang yakni 270. Mengalahkan Donal Trump yang hanya mendapatkan suara sektoral sebanyak 214.

Suara tersebut mengantarnya menjadi pemenang pemilihan presiden dengan didampingi wakil presiden Kamala Harris.

Harapan Beberapa Pemimpin Dunia

Beberapa pemimpin negara dunia di 5 benua mengucapkan selamat atas terpilihnya Joe sebagai presiden Amerika Serikat. Beberapa pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kemala Harris melalui akun media sosial mereka, yakni Twitter serta Instagram.

Indonesia

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Joe melalui akun Twitter dan Instagram. Jokowi menyampaikan selamat serta menanti kerja sama yang baik antara Indonesia dan Amerika. Mulai dari sektor ekonomi, demokrasi serta multilateralisme untuk tujuan bersama, baik Indonesia maupun Amerika Serikat.

Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan ucapan selamat kepada Joe. Dia tidak sabar menunggu kerja sama yang baik antara Jerman dan Amerika Serikat di masa depan.

Kanada

Perdana menteri Kanada, Justin Trudeau juga mengucapkan selamat kepada Joe serta tidak sabar untuk bekerja sama. Dia mengatakan bahwa Kanada dan Amerika memiliki hubungan baik, layaknya teman atau sahabat dekat.

Inggris

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengucapkan ucapan selamat kepada Biden dan Harris melalui akun sosial media resmi, yakni Twitter. Dia mengatakan tidak sabar untuk bekerja sama dalam berbagai bidang persoalan.

Italia

Salah satu negara Eropa yang juga tidak kalah mengucapkan selamat adalah perdana menteri Italia, Giuseppe Conte. Dia mengucapkan selamat kepada Joe. Tidak hanya itu, Italia juga siap bekerja sama.

Jepang

Salah satu negara di Asia Timur yang mengucapkan selamat kepada presiden pemenang pemilihan umum AS adalah Jepang. Jepang melalui perdana menteri Yoshihide Suga memberikan selamat kepada Biden dan Harris. Perdana menteri Yoshihide Suga berharap Jepang dan Amerika Serikat dapat bekerja sama, baik dalam sektor keamanan, kemakmuran, dan perdamaian.

Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris. Dia juga mendoakan agar pasangan pemenang pemilihan umum tersebut sukses dan dapat bekerja sama.

Kemenangan Biden dan Harris dalam pemilihan umum membuat beberapa pemimpin dunia di 5 benua mengucapkan selamat kepada mereka. Pemimpin dunia tersebut berharap dapat bekerja sama dengan AS serta meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.