Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Kabar Gembira, BLT Ketenagakerjaan 1,2 Juta Segera Cair

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Ida Fauziyah menyatakan BLT BPJS ketenagakerjaan dengan nilai 1,2 juta rupiah akan segera cair. Proses transfer langsung ke rekening pekerja setelah data diverifikasi oleh Kemnaker dan BPJS ketenagakerjaan.

Bantuan ini hanya diperuntukkan untuk pekerja dengan gaji di bawah 5 juta rupiah setiap bulan. Selain itu, penerima bantuan menjadi peserta aktif BPJS ketenagakerjaan. Silahkan cek apakah nama Anda aktif terdaftar atau tidak.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat nama Anda di BJPS Ketenagakerjaan :

  1. Melalui aplikasi BPJSTK yang bisa Anda dapatkan di Play store.
  2. Anda bisa mengunjungi situs BPJS dengan alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Silahkan log in dengan menggunakan akun registrasi Anda.
  3. Anda bisa menggunakan layanan SMS untuk melihat apakah masih menjadi peserta ketenagakerjaan atau tidak. Untuk mendapatkan informasinya, silahkan buka layanan pesan singkat, ketik: DAFTAR(spasi)SALDO#NIK#Nama#Tanggal Lahir dengan format dd-mm-yyyy#nonomor peserta. Silahkan kirim pesan ini ke nomor 2757.
  4. Anda juga bisa mendapatkan informasi dengan mengunjungi secara langsung kantor cabang BPJS kota Anda.

Proses Penyaluran BLT Ketenagakerjaan

Penyaluran bantuan disalurkan melalui Bank Milik Negara (Himara), seperti BRI, BNI, BTPN. Sedangkan bagi pekerja yang tidak mempunyai rekening Bank Himara, bantuan akan terlebih dahulu disalurkan ke Bank Himara. Kemudian akan diteruskan ke rekening Bank pekerja. Karena itu, untuk rekening Bank non – Himara lebih lambat daripada Bank Himara.

BLT Ketenagakerjaan ini dianggarkan oleh Pemerintah untuk meringankan beban pekerja akibat Pandemi Covid senilai 600 ribu rupiah setiap bulan. Bantuan ini akan diberikan selama 4 bulan, total yang akan diterima oleh pekerja 2,4 juta. Bantuan diberikan dalam 2 tahap atau 2 bulan sekali, dengan nilai 1,2 juta rupiah setiap pencairan.

Anggaran ini ditujukan untuk 15,72 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta rupiah setiap bulan. Total dana yang dianggarkan pemerintah adalah 37,74 triliun. Tujuan dari pengalokasian bantuan untuk membantu daya beli pekerja. Sedangkan bagi pekerja yang terdampak PHK bantuan diberikan melalui Kartu Pra Kerja.

Check Also

Bentuk Kegiatan untuk Perayaaan Hari Pahlawan 10 November 2020

Bentuk Kegiatan untuk Perayaan Hari Pahlawan 10 November 2020

Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Hari yang diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan …