by

Joe Biden Menang, Apa Dampaknya Bagi Indonesia dan Dunia

Pemilihan presiden sudah mencapai titik akhir dengan kemenangan telak Joe Biden atas Donald Trump. Biden mampu mengalahkan supremasi Donald Trump yang semulanya diunggulkan menang. Prediksi tersebut karena Trump memiliki kuasa kuat di beberapa negara bagian. Selain itu juga dia merupakan presiden Amerika sebelumnya sebelum pemilihan.

Data terakhir menunjukkan bahwa Biden mampu mendapatkan 290 nilai elektoral dengan total pemilih 75.215.986 orang. Angka tersebut mewakili 50,6% dari total penduduk di Amerika Serikat. Sedangkan Donald Trump hanya mampu mendapatkan 214 nilai elektoral dengan total pemilih 70.812.803 orang atau mewakili 47,7% penduduk Amerika.

Kemenangan Joe Biden tentu akan berdampak besar pada setiap kebijakan Negara Paman Sam tersebut. Apalagi banyak orang menilai karakter kedua berbeda jauh sehingga akan menimbulkan perbedaan kebijakan. Namun dengan terpilihnya mantan wakil presiden Barack Obama tersebut, apakah akan memberikan dampak pada stabilitas ekonomi dunia?

Dampaknya Pada Ekonomi Dunia

Terpilihnya presiden baru akan selalu membuat kebijakan baru, terutama demi kekuatan negara. Salah satu yang akan terlihat adalah masalah menuntaskan perang harga antara China dan Amerika Serikat. Sebelumnya kedua negara ini saling serang terkait perang harga dan saling menjegal produk dari negara musuh.

Akibatnya ekonomi dunia telah diambang kekacauan karena kedua negara tersebut merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Namun setelah Biden terpilih, dia berjanji akan menurunkan tensi antara kedua negara. Kebijakan ini dinilai akan berdampak baik bagi ekonomi negara-negara dunia ketiga, Indonesia adalah salah satunya.

Ketika tensi perang dagang mulai menurun, ekonomi dunia akan kembali berjalan lebih lancar. Harga kebutuhan pokok, minyak dunia, jasa, dan hasil industri akan menurun. Selain itu, nilai tukar beberapa mata uang juga akan menguat seiring berkembangnya waktu, termasuk nilai tukar rupiah setelah beberapa kali melemah.

Terpilihnya Biden juga membuatnya sebagai presiden tertua yang pernah menjabat di negara Amerika Serikat. Namun dengan pengalamannya selama lebih dari 50 tahun di dunia politik, tentu sudah hafal dengan beberapa kebijakan strategis. Banyak negara berharap presiden baru ini akan memberikan kedamaian di seluruh dunia.