5 Tips Agar Ban Mobil Awet Meski Terparkir Lama di Garasi

5 Tips Agar Ban Mobil Awet Meski Terparkir Lama di Garasi

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai membuat banyak warga Indonesia memutuskan untuk tidak keluar rumah selain melakukan aktivitas penting. Alhasi beberapa pemilik mobil lebih sering memarkirkan kendaraan roda empatnya digarasi daripada dikendarai.

Bila mobil terparkir lama di garasi, ban menjadi komponen pertama yang paling terdampak. Jika berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, maka kualitas si karet bundar akan menurun.

Jonathan Benson dari Tyre Reviews asal Inggris membagikan tips agar ban mobil tetap awet meski terparkir dalam jangka panjang. Simak selengkapnya informasi berikut.

Periksa dan bersihkan ban

Jika memiliki waktu yang cukup banyak saat di rumah, coba periksa kondisi ban mobil secara menyeluruh. Bila ada benda asing seperti batu, singkirkanlah. Periksa pula tingkat keausan ban mobil dengan melihat indikator garis melintang di dalam ceruk.

Bila tingginya setara sebaiknya ganti menggunakan ban baru. Setelah itu bersihkanlah dengan mencuci dan menyemir ban dengan bahan bebas pelarut. Semir mampu melindungi ban mobil dari ganasnya sinar matahari.

Angkat mobil

Cara ini membuat ban tidak menyentuh permukaan tanah secara langsung yang membuat beban mobil tidak bertumpu pada si karet bundar. Hal ini juga bisa menghindari permukaan rata atau flat shoot pada ban mobil. Ban akan berubah bentuk bila diberikan tekanan di permukaan yang sama. Bila memiliki budget lebih,

Anda bisa menggunakan pengangkat hidrolis seperti yang ada di tempat pencucian mobil. Jika tidak punya bisa memanfaatkan jackstand, namun jumlahnya harus empat buah agar tetap aman.

Memaksimalkan tekanan udara

Bila tidak memungkinkan mengangkat mobil, bisa menyiasatinya dengan memberikan tekanan udara di tingkat maksimum.Tujuannya untuk menopang bentuk ban agar tidak berubah bentuk.

Putar ban

Setelah mengisi udara pada ban secara penuh, putarlah sedikit dengan memajukan mobil beberapa sentimeter. Hal ini dilakukan untuk menghindari flat spot. Lakukan hal ini seminggu sekali.

Parkir mobil di tempat yang teduh

Hindari mobil terkena sinar matahari langsung. Ban tidak bisa terkena sinar ultraviolet (UV) karena bisa mendegradasi kualitas serta resiko meninggalkan getas.

Kelima tips agar ban lebih awet ini semoga bisa membantu merawat serta memperpanjang penggunaan si karet bundar.

Check Also

5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

Kondisi motor yang bugar dan bersih tentu akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Sebelum berkendara jarak …