Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

3 Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

Pemakaian oli untuk kendaraan sepeda motor ataupun mobil mutlak diperlukan. Hal ini karena fungsi oli yang sangat vital untuk mesin kendaraan.

Bukan hanya menjadi pelumas untuk mesin, namun penggunaan oli dibutuhkan agar tidak terjadi gesekan pada mesin motor atau mobil.

Membahas mengenai jenis kendaraan yang beragam di Indonesia, tentunya penggunaan oli berbeda-beda untuk setiap mobil atau motor.

Masyarakat di sini lebih banyak menggunakan motor matic yang pastinya perawatan dan pemilihan oli juga harus disesuaikan.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, buatlah jadwal khusus untuk penggantian oli, sebaiknya secara rutin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips terbaik memilih oli untuk motor matik.

Analisa penggunaan motor sehari-hari

Bila Anda menggunakan motor matic untuk kendaraan sehari-hari yang kerap berhenti beberapa kali dalam perjalanan, maka pilihlah oli yang di dalamnya mengandung zat aditif.

Bahan tersebut akan membuat motor matik tidak gampang panas. Motor yang sering-sering berhenti membuat mesinnya cepat panas.

Kandungan bahan aditif yang ada di oli bisa meminimalisir efek tersebut pada motor matic.

Perhatikan kekentalan oli

Motor matic membutuhkan oli khusus dengan tingkat kekentalan yang pas. Bacalah petunjuk perawatan kendaraan untuk informasi tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan motor matic yang Anda miliki.

Perhatikan kualitas oli yang dipilih

Banyaknya pilihan oli di pasaran membuat para pemilik sepeda motor matic jadi kebingungan untuk menentukan pelumas kendaraan yang tepat.

Jadi, pastikan Anda teliti sebelum memilih oli untuk motor matic. Pilihlah oli yang telah teruji khusus. Oli berkualitas biasanya telah mengantongi sertifikat API serta sertifikat JASO.

American Petroleum Institute (API) mengeluarkan sertifikat untuk oli yang telah diuji. Biasanya negara-negara Eropa memakai pengujian ini sebagai standar pada oli.

Sementara sertifikat JASO menerangkan oli telah dilakukan pengecekan di Japanese Automotive Standard Association. Standar pengujian oli ini banyak dipakai di Jepang.

Bagi Anda yang akan memilih oli untuk motor matic perhatikanlah kualitasnya agar saat berkendara semakin nyaman dan aman.

Check Also

5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

Kondisi motor yang bugar dan bersih tentu akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Sebelum berkendara jarak …