5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

5 Suara yang Bisa Deteksi Kerusakan pada Motor

Kondisi motor yang bugar dan bersih tentu akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Sebelum berkendara jarak jauh, pastikan motor dalam keadaan fit dan tidak ada kerusakan yang bisa jadi akan mengganggu perjalanan.

Dalam beberapa kasus, kerusakan pada kendaraan bisa dideteksi dengan memperhatikan adanya suara yang tidak wajar pada motor. Dikutip dari Astra, berikut 5 suara yang bisa mendeteksi adanya kerusakan pada motor Anda.

Suara tuk-tuk atau tik-tik dari klep motor

Suara berisik seperti bunyi tuk-tuk atau tik-tik pada klep motor bisa jadi berasal dari katup motor yang mulai renggang. Selain itu, suara tersebut juga bisa jadi indikator adanya masalah dalam per katup yang mulai kendor dan kurang kencang.

Suara tok-tok pada rantai kamprat

Biasanya suara tok-tok muncul saat rantai sudah mulai kendor yang menyebabkan banyak bagian lain yang renggang. Selain itu, mungkin juga akan muncul dengungan karena rantai terlalu kencang. Bila yang terdengar adalah suara seperti benda saling bergesek, itu artinya kondisi rantai sudah tidak layak dipakai.

Suara tek-tek pada tensioner rantai sentrik

Suara ini bisa jadi disebabkan karena rantai terlalu kencang yang berpengaruh pada kondisi putaran mesin. Bila mengalami kondisi ini, sebaiknya menggantinya dengan tensioner baru.

Suara ketukan berat di piston

Pada dasarnya suara ketukan di bagian ruang bakat tidak akan terdengar meski piston mulai usang, suaranya akan sangat pelan hingga tidak terdengar. Jadi jika muncul suara di bagian piston yang agak berat sebaiknya segera gantinya dengan yang baru.

Suara gemeretak pada stang seher

Bila muncul suara gemeretak pada bagian putaran bawah hingga menengah dan berangsur hilang ketika di putaran atas, maka perlu diwaspadai. Hal ini bisa disebabkan karena kaki atau stang piston terbentur dengan dinding silinder pada saat titik mati bawah.

Dari kelima suara yang jadi indikator kerusakan pada motor ini, mana yang pernah ditemukan di motor Anda?

Check Also

Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

3 Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

Pemakaian oli untuk kendaraan sepeda motor ataupun mobil mutlak diperlukan. Hal ini karena fungsi oli …