Pratama Arhan, Senjata Rahasia Baru Timnas U-19 Indonesia

Pratama Arhan, Senjata Rahasia Baru Timnas U-19 Indonesia

Pemain muda asal klub PSIS Semarang, Pratama Arhan, tengah menjadi perbincangan di pentas sepak bola nasional. Itu setelah aksinya yang ia tunjukan bersama Timnas U-19 Indonesia saat tengah menjalani uji coba di Kroasia.

Berkat kemampuan spesialnya, kini Garuda Nusantara memiliki senjata rahasia baru. Ya, Arhan adalah sosok penting dibalik gol Indonesia ke gawang Qatar U-19 dalam pertemuan kedua (20/9/2020). Ia menunjukkan kemampuan lemparan ke dalam dengan jarak yang cukup jauh.

Teknik tersebut sudah mulai ia tunjukkan ketika Timnas menghadapi Bulgaria di turnamen persahabatan sebelumnya. Pelatih Shin Tae-yong pun sepertinya menemukan cara untuk memaksimalkannya.

Lalu lemparan ke dalamnya saat melawan Qatar akhirnya berbuah manis. Dari sisi kiri penyerangan Indonesia, Arhan melempar bola hampir setengah lapangan. Bola langsung mengarah ke mulut gawang Qatar, dan berhasil dibelokkan ke dalam gawang dengan kepala Saddam Gafffar.

Dalam sebuah wawancara dengan PSSI, Arhan mengungkap rahasia di balik teknik tinggi lemparan ke dalamnya. Menurut pemain PSIS, kemampuan itu adalah hasil latihannya sendiri secara otodidak.

“Lemparan ke dalam yang jauh itu adalah hasil saya latihan sendiri sejak 2017. Sampai sekarang saya terus melakukan itu,” kata Arhan pada media PSSI.

Kemampuan Pratama Arhan sebagai full-back ini mengingatkan kepada Rory Delap saat di Stoke City. Beroperasi di sektor kiri, Arhan mungkin bisa mengirim umpan-umpan akurat lewat tangannya selain menggunakan kaki.

Saat ini Arhan merasa sangat senang mengikuti TC yang dipimpin langsung oleh pelatih sekelas Shin Tae-yong.

“Kami di sini menikmati setiap materi latihan dari pelatih Shin Tae-yong,” kata pemain muda asal Blora, Jawa Tengah.

Arhan berharap bisa terus bertumbuh dan mengembangkan kemampuan terbaiknya. Ia pun punya cita-cita tinggi yaitu bermain di kompetisi Eropa. Selain itu ia juga masih berkeinginan dapat bermain di Timnas Senior serta meraih prestasi.

“Saya ingin membuat kedua orang tua saya bangga,” tutup Pratama Arhan dalam wawancaranya.

Arhan dan kawan-kawan akan memperkuat Timnas U-19 Indonesia di dua ajang dalam waktu dekat. Dimulai dari Piala Asia U-19 tahun ini, dan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Check Also

Klasemen Moto GP 2020, Nama Joan Mir Menjadi Terdepan

Klasemen Moto GP 2020, Nama Joan Mir Menjadi Terdepan

Moto GP Eropa 2020 tentu menjadi pagelaran ramai ditunggu banyak orang saat ini. Mengingat pertandingan …