by

Gempa Bayah Juga Terasa di Beberapa Wilayah Ini

Gempa bumi lagi dan lagi mengguncang wilayah Indonesia. Setelah gempa di Pandeglang pekan lalu, ternyata Bayah juga kembali mengalami fenomena serupa yakni Gempa Bumi. Fenomena yang dirasakan pada Kamis 5 Oktober 2020 ini memiliki kekuatan sebesar 5,2 magnitudo.

Informasi tentang kejadian tersebut juga sudah dikonfirmasi resmi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui laman twitternya. Guncangan tersebut memliki kekuatan 5,2 magnitudo dengan tingkat kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada dalam kedalaman 74 kilometer laut barat daya wilayah Bayah.

Sementara pusat episentrum gempa berada pada koordinat 7.57 lintang selatan. Gempa dengan kekuatan cukup besar tersebut juga tidak hanya dirasakan wilayah Bayah saja namun dirasakan sejumlah wilayah lain. Sebut saja Panggarangan, Sukabumi, Pelabuhan ratu, sampai wilayah Tangerang.

Intensitas gempa yang dihasilkan setiap wilayah pun berbeda satu sama lain mulai dari intensitas II yang dirasakan dan membuat benda-benda ringan bergoyang. Sementara ada yang merasakan intensitas III membuat truk ikut merasakan goncangannya. Selain intensitas yang dihasilkan juga biasanya diawali dengan adanya tanda sejak awal.

Tanda Munculnya Gempa di Sebuah Wilayah

Terdapat beberapa tanda utama saat kemunculan gempa. Tanda yang pertama adalah munculnya awan gelap. Bentuknya bisa menyerupai benda-benda di sekitar kita mulai drai pohon, angina putting beliung, hingga batang dengan posisi yang tegak atau berdiri.

Awan pertanda ini muncul disebabkan karena munculnya gelombang elektromagnetis akibat patahan atau pun pergeseran lempeng bumi. Gelombang tersebut mampu menyerap daya listrik pada awan sehingga dihasilkan awan dengan bentuk tegak. Namun, kemunculannya juga bisa disebabkan karena pengaruh angin.

Gangguan Aneh Pada Elektronik Rumah

Selain munculnya awan, kejadian juga bisa ditandai dengan adanya gangguan aneh pada beberapa barang elektronik di rumah. Contohnya lampu neon kemudian menjadi redup, kegagalan transmisi data pada mesin fax, hingga munculnya suara aneh pada televisi.

Meskipun kejadian di Bayah kali ini tidak sampai membuat kerusakan, nyatanya gempa susulan harus terus diwaspadai oleh warga sekitar. Selalu pantau informasi resmi dari BMKG untuk updetannya dan selalu tingkatkan kewaspadaan Anda. mengingat bencana dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal wilayah.