Kabar Duka, Ki Seno Nugroho Dalang Kondang Meninggal Dunia

Kabar Duka, Ki Seno Nugroho Dalang Kondang Meninggal Dunia

Dunia pewayangan kini tengah berduka, sang maestro, dalang Ki Seno Nugroho tutup usia pada hari Selasa (3/11/2020). Dalang Ki Seno memiliki khas percampuran asal Yogyakarta dan Solo. Bagi orang yang suka melihat seni wayang mungkin sudah tidak asing lagi dengan dalang kondang ini.

Berita ini berawal dari Ayu Purwa Lestari yang merupakan sinden dari Ki Seno. Ayu menuturkan bahwa Dalang Ki Seno meninggal tetapi belum diketahui penyebabnya. Ketika dihubungi wartawan melalui telepon, Ayu menjelaskan kebenaran berita ini.

Ayu sendiri menerima kabar duka tersebut pada pukul 22.00 WIB. Beberapa sinden lainnya juga masih belum mengetahui penyebab meninggalnya Dalang Ki Seno. Tetapi hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak manajer sang dalang.

Kronologi Meninggalnya Dalang Ki Seno Nugroho

Ki Seno Nugroho adalah salah satu dalang kondang di Indonesia dan memiliki usia yang masih terbilang muda. Namun, di usia ke-48, Ki Seno menghembuskan napas terakhirnya. Manager beliau mengatakan bahwa Ki Seno sudah melakukan proses pengobatan di rumah sakit dua bulan lalu.

Dilarikannya Ki Seno ke rumah sakit pada September 2020 dikarenakan adanya penyumbatan darah di jantung. Rumah sakit yang pernah merawat Ki Seno Nugroho ini adalah RS PKU Muhammadiyah Gamping, dan dibenarkan oleh Gunawan selaku manajer dalang Ki Seno.

Kemudian Gunawan juga menuturkan bahwa sebelum meninggal, dalang tersebut merasakan adanya rasa sakit pada tubuhnya. Hal ini terjadi tiga hari sebelum Ki Seno menghembuskan napas terakhirnya.

Sekalipun begitu, pada tanggal 2 November 2020 Dalang Ki Seno Nugroho sempat mengisi acara pentas wayang streaming. Sedangkan pada tanggal 3 November beliau meliburkan pentas wayang dan sempat melakukan aktivitas sepeda. Tetapi ketika di jalan Ki Seno merasa kesakitan. Hal tersebut terjadi pada tanggal 3/11/2020 petang.

“Semalam beliau masih bersepeda dengan temannya orang sini. Akan tetapi, beliau sudah merasakan kesakitan sejak di tengah perjalanan, akhirnya dijemput warga di sini,” kata Gunawan.

Dalang juga sempat beristirahat di rumah, tetapi kondisi tidak berkunjung membaik. Bahkan sempat muntah-muntah dan sang istri mengantar ke RS PKU Muhammadiyah Gamping. Ki Seno dinyatakan masih sadar ketika masuk UGD, namun setelah dipindah ke ICCU, beliau dinyatakan meninggal karena ada penyumbatan.

Check Also

Kandas Kang Daniel dan Jihyo TWICE Putus Kecewakan Para Penggemar

Kandas! Kang Daniel dan Jihyo TWICE Putus Kecewakan Para Penggemar

Kabar kurang sedap datang dari pasangan dua bintang Kpop Jihyo TWICE dan Kang Daniel yang …