Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke 11 Telah Dibuka, Ini Syaratnya

Pendaftaran Kartu Pra-kerja gelombang kesebelas (11) dibuka hari ini, Senin, 2 November 2020. Hal ini dibenarkan oleh Louisa Tuhatu, kepala komunikasi Departemen Penerapan Kartu Pra-Kerja. “Melihat tingginya animo masyarakat, Komite Cipta Kerja (KCK) memutuskan untuk memulihkan dan mengembalikan kartu keanggotaan pra-kerja angkatan 11,” kata Louisa.

Ia melanjutkan, “Pendaftaran angkatan 11 angkatan tambahan akan dibuka pada Senin, 2 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Dalam gelombang ini, jumlahnya sekitar 400.000 orang. Peserta yang sudah mendaftar sebelumnya di website kartu prakerja dapat langsung mengikuti proses seleksi.

Pemegang kartu prakerja adalah daftar kelompok prioritas yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebelumnya, terdapat 364.622 penerima kartu pra-kerja yang status keanggotaannya telah dihapus dari gelombang 1-10. “Keanggotaan dibatalkan karena peserta tidak membeli pelatihan awal dalam waktu 30 hari sejak pengumuman kelolosan penerima kartu pra-kerja,” katanya.

Untuk diketahui, ada perbedaan metode pendaftaran yang dimulai pada gelombang 4 dibandingkan dengan tiga gelombang sebelumnya. Persyaratan yang dihapus adalah foto selfie dari peserta yang mendaftar.

Dimulai dari gelombang 4, peserta yang ingin mendaftar kartu pra-kerja harus menyiapkan nomor NIK dan KK. Selain itu, ada dua cara untuk mendaftar kartu pra-kerja, yaitu online dan offline. Untuk peserta online, peserta dapat mendaftar di https://www.prakerja.go.id.

Bagi yang ingin mendaftar secara offline, calon penerima kartu pra kerja bisa melakukannya melalui Kementerian Tenaga Kerja atau pemerintah daerah, khususnya Dinas Tenaga Kerja.

Calon penerima juga dapat mendaftar secara offline  baik individual atau bersama-sama. Untuk peserta yang mendaftar namun gagal, pastikan nomor NIK dan KK dimasukkan dengan benar. Jika masih gagal, peserta diharapkan segera menghubungi Dukcapil Call Center di nomor 1500-538 atau langsung mendatangi kantor Dukcapil terdekat sesuai dengan wilayah masing-masing.

Check Also

Pembiayaan Wom Finance Alami Peningkatan

Pembiayaan Wom Finance Alami Peningkatan, Ini Besar Persentasenya

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia memang membawa pengaruh cukup besar dalam berbagai sektor kehidupan. Salah …