Lagi Tren Bikin Receiptify dari Spotify, Begini Caranya

Lagi Tren Bikin Receiptify dari Spotify, Begini Caranya

Belakangan media sosial Twitter dan Instagram diramaikan dengan gambar struk belanja berisikan daftar judul-judul lagu. Usut punya usut, fitur tersebut bernama Receiptify dari Herokuapp dan Michelle Liu.

Lantaran ogah dibilang ketinggalan zaman, para warganet pun berbondong-bondong membuat struk serupa. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah Receiptify ini bukanlah layanan resmi dari pihak Spotify.

Pengguna Spotify tentu masih ingat dengan fitur Spotify Wrapped yang dirilis akhir tahun lalu. Ini berisikan apa saja yang didengarkan pengguna selama setahun terakhir di Spotify.

Receiptify sendiri mirip seperti itu, hanya saja tidak resmi dan konsepnya jauh lebih sederhana. Anda bisa lebih mudah membagikan dan memamerkannya di Insta Story, pos Instagram, Twitter, dan sebagainya.

Di situs web resminya tidak ada keterangan lengkap tentang pengembang Receiptify. Tetapi di sana tertulis bahwa si pembuat terinspirasi dari konten yang diunggah di akun Instagram album receipt.

Receiptify memang unik, pengguna seperti mendapatkan bill atau struk berisi deretan lagu favorit. Bukan asal, melainkan daftar putar tersebut dipilih berdasar yang paling sering Anda dengarkan.

Itulah mengapa Receiptify mengharuskan Anda menautkannya dengan akun Spotify. Kemudian ada pilihan untuk membuat daftar menurut jumlah putarnya dalam rentang waktu tertentu.

Receiptify akan membuatkan Anda struk lagu terfavorit selama sebulan terakhir, enam bulan terakhir, atau sejak menggunakan Spotify.

Jika ingin mengikuti tren ini untuk memperlihatkan daftar putar lagu cinta Anda kepada sang pujaan hati, caranya mudah. Fitur ini hanya tersedia di halaman https://receiptify.herokuapp.com dan tidak perlu membuat akun baru.

Klik ‘Log in with Spotify’ untuk masuk dan membiarkan aplikasi Receiptify mengakses data Spotify Anda. Lalu pilih durasi top track di bagian bawah agar muncul judul-judul lagu favorit. Klik ‘Get Image’ dan gambar struk lagu Anda akan otomatis tersimpan di perangkat.

Jika kiranya aplikasi Receiptify sudah tidak dibutuhkan lagi, ada baiknya segera hapus aksesnya dari Spotify. Caranya dengan mengakses halaman Spotify di browser, lalu masuk ke pengaturan. Pada tab ‘Aplikasi’ cari Receiptify dan hapus izin aksesnya.

 

Check Also

Realme Narzo Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Keunggulannya

Realme Narzo Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Keunggulannya

Seri Narzo menjadi smartphone terbaru dari Realme yang diluncurkan tahun 2020 ini. Narzo 20 dan …