6 Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Efektif

6 Cara Mudah Membersihkan Rantai Motor Yang Efektif

Rantai motor yang tidak terawat akan mudah putus dan tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan pengendara sepeda motor sekaligus mengancam keselamatan. Untuk itu, perawatan secara rutin pada rantai motor bisa membuat masa penggunaannya lebih lama.

Selain itu pastikan untuk rutin memberikan pelumas serta membersihkannya secara rutin. Dirangkum dari website resmi Astra, berikut 6 cara mudah membersihkan rantai motor.

Bersihkan rantai sesaat setelah dikendarai

Cara termudah membersihkan rantai adalah ketika motor baru saja dikendarai. Selain itu, parkirkan motor menggunakan standar tengah untuk memudahkan membersihkan bagian rantainya.

Cek kondisi rantai

Kondisi rantai yang telah aus atau belum bisa diketahui dengan menggoyang-goyangkannya ke arah kanan dan kiri kemudian menariknya ke belakang. Jika dirasa terlalu kendur, itu artinya rantai motor sudah mulai aud dan perlu diganti.

Semprotkan cairan khusus pembersih rantai motor

Sebaiknya hindari menggunakan cairan sembarangan untuk membersihkan rantai motor. Bila salah menggunakan produk bisa membuat rantai tidak awet. Belilah cairan khusus pembersih rantai di toko otomotif untuk mengangkat kotoran membandel sekaligus menghilangkan karatnya.

Gosok rantai menggunakan sikat gigi

Membersihkan rantai motor bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menggosoknya setelah disemprotkan cairan pembersih. Pastikan menggosoknya dengan perlahan dan jangan sampai merusak komponen pada rantai motor.

Bilas rantai dengan air bersih

Setelah selesai menyikat rantai motor untuk menghilangkan kotorannya. Basuhlah rantai menggunakan air bersih. Untuk hasil bersih maksimal gunakan semprotan air agar semua kotoran hilang.

Oles dengan chain lube

Setelah semua tahap membersihkan rantai telah dilakukan, kini giliran melumasi rantai motor dengan pelumas atau chain lube. Jangan sembarangan memilih pelumas untuk rantai motor. Karena salah memilih pelumas bisa merusak rantai dan membuat rantai motor mudah kotor.

Pastikan Anda menggunakan pelumas khusus rantai motor. Saran dari kami, sebaiknya hindari menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor karena bisa membuat rantai kembali kotor dengan cepat. Penyebabnya adalah di dalam oli bekas tersebut terdapat kotoran sisa-sisa pembakaran mesin, kecuali anda menggunakan oli baru.

Check Also

Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

3 Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

Pemakaian oli untuk kendaraan sepeda motor ataupun mobil mutlak diperlukan. Hal ini karena fungsi oli …