by

Pre-order PS5 Reguler dan Digital, Catat Tanggal dan Tokonya

Penggemar konsol Tanah Air mendapat kabar gembira setelah Sony memastikan bakal menjual PS5 di Indonesia. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh perwakilan Sony di Singapura, SIES.

Meski waktu perilisannya belum ditetapkan, tetapi Sony sudah mengungkap harga dan tanggal pre-order. Saat ini PS5 sudah memasuki masa pre-order, dan di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak 19 September.

Ada lima toko resmi yang menjadi tempat pre-order PS5 yaitu Sony, Amazon, GameStop, Best Buy, dan Target. Sejauh ini Sony hanya menyebut PS5 akan dirilis pada musim liburan 2020.

PS5 nantinya memiliki dua varian yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni versi reguler dan digital. Keduanya dibanderol dengan harga berbeda, bahkan terpaut cukup jauh.

Dilansir Medcom, PS5 versi digital akan dijual dengan harga Rp5,9 jutaan saja. Harganya lebih murah karena perangkat ini tidak memiliki komponen untuk memutar optical disk. Dengan kata lain, game yang ingin dimainkan harus dibeli secara online.

Versi reguler dinilai lebih cocok untuk para kolektor game. Selain bisa memainkan game versi digital, perangkat ini juga bisa memainkan versi fisik atau dari CD. Adapun harga jualnya diprediksi sekitar Rp7,4 jutaan di Indonesia.

Di sisi lain, pengguna konsol PS5 juga harus menyiapkan budget dobel untuk memainkan game favorit. Terlepas dari harga konsolnya, ternyata harga gamenya juga lebih mahal daripada PS4.

Harga jual game eksklusif dari Sony, belum termasuk pajak, bisa mencapai 70 USD. Penerbit lainnya diperkirakan bakal mengikuti patokan harga dari berbagai game besutan Sony.

NBA 2K21 misalnya, meski tidak berada di bawah naungan Sony Interactive Entertainment (SIE), harganya tetap mahal. Game olahraga basket tersebut dibanderol 70 USD, sama dengan game Spiderman terbaru dari Sony.

“Game yang diproduksi di bawah naungan Worldwide Studios dibanderol pada kisaran 50-70 USD (Rp740 ribu – Rp1 jutaan),” ujar Jim Ryan, CEO SIE, pada blog PlayStation dikutip dari KompasTekno.

Untuk spesifikasinya sendiri, PS5 dibekali komponen-komponen kelas wahid yang sangat memanjakan pemain. Keunikan desain bodinya juga menjadi daya tarik tersendiri. Animo penggemar konsol besutan Sony ini telah meledak bahkan sejak baru diumumkan rencana produksinya.