Web Analytics

iOS 15 Sudah Rilis, Update Sekarang atau Nanti? Baca Ini Dulu

iOS 15 pasti ada bug, tetapi haruskah Anda memperbarui sekarang atau tunda dulu? Setiap kali Apple merilis pembaruan sistem operasi baru yang utama – apakah itu macOS atau iOS – tentunya muncul pertanyaan baru juga, …

iOS 15 Sudah Rilis, Update Sekarang atau Nanti Baca Ini Dulu

iOS 15 pasti ada bug, tetapi haruskah Anda memperbarui sekarang atau tunda dulu?

Setiap kali Apple merilis pembaruan sistem operasi baru yang utama – apakah itu macOS atau iOS – tentunya muncul pertanyaan baru juga, apakah Anda harus segera memperbarui atau menunggu stabil saja.

Tentu saja ada pendapat berbeda untuk kedua sisi dan ada banyak variabel lain yang berperan dalam hal ini.

Apa saja kebutuhan Anda?

Seberapa rela Anda hidup dengan beberapa bug iOS baru yang akan muncul kedepannya?

Seberapa stabil versi beta terbaru?

dan fitur apa saja yang akan Anda dapatkan?

Dalam beberapa tahun terakhir, versi terbaru iOS selalu dirilis pada hari-hari setelah acara September – dari satu hari setelah (pada 2020) hingga sembilan hari kemudian (pada 2019). Sekarang iOS 15 telah dirilis (mulai Senin, 20 September), pertanyaan muncul sekali lagi: haruskah Anda segera menekan tombol pembaruan atau menunggu?

BACA JUGA  iPhone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusi Dari Mantan Teknisi Apple

Berikut adalah pro dan kontra yang harus Anda ketahui sebelum mengambil keputusan.

Kenapa Anda Harus Update ke iOS 15 Sekarang?

Tentu saja, alasan utama untuk segera meningkatkan ke iOS 15 adalah untuk mendapatkan semua fitur baru yang keren ini. Ada banyak sekali fitur baru di FaceTime, termasuk mode fokus mikrofon yang berbeda, tata letak baru, dan tautan yang memungkinkan orang lain bergabung dengan percakapan FaceTime Anda dari web di perangkat lain.

BACA JUGA  Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Ada bagian “Dibagikan dengan Anda” baru di aplikasi yang menampilkan konten yang dikirim orang lain kepada Anda dalam pesan, mode fokus untuk membatasi notifikasi yang mengganggu, peningkatan Safari, kemampuan untuk memindai teks dan teks yang hampir diterjemahkan di mana-mana … daftarnya terus berlanjut dan seterusnya.

Mungkin salah satu peningkatan terbesar adalah Safari akan memproses banyak permintaan sepenuhnya secara offline. Jika Anda tidak memerlukan koneksi internet untuk fungsi tersebut (misalnya untuk mendapatkan hasil score olahraga atau laporan cuaca), Siri akan memproses permintaan tersebut sepenuhnya di perangkat. Itu membuatnya jauh lebih cepat dan lebih aman.

BACA JUGA  iPhone Nyala Tapi Layar Hitam? Begini Cara Mengatasinya

Bergantung pada cara Anda menggunakan iPhone, salah satu dari fungsi ini dapat sepenuhnya mengubah kehidupan ponsel cerdas Anda. Kombinasikan itu dengan semua peningkatan keamanan yang dibuat Apple dengan setiap versi baru, sehingga membuat pengguna semakin kesulitan untuk menolak upgrade. Ada banyak sekali peningkatan untuk ponsel Anda yang sepenuhnya gratis, yakin tidak mau menggunakannya?

Tentu saja, beberapa versi iOS memiliki bug pada versi ketika pertama kali rilis. Dari sering crash hingga masalah kinerja baterai, kami telah melihat semuanya di versi iOS sebelumnya. Dan beberapa versi telah memperburuk keadaan – siapa yang bisa melupakan kegagalan Apple Maps dari iOS 6?

BACA JUGA  iPhone is Disabled, Connect to iTunes. Jangan Panik! Ini Solusinya

Untungnya, Apple memiliki sistem pengujian yang lebih baik hari ini, dan sesaat sebelum garis finish, kami menemukan versi beta iOS 15 cukup stabil dan menyenangkan. Memang tidak ada jaminan, tetapi tanda-tanda awal menunjukkan bahwa iOS 15 akan menjadi rilis yang relatif tidak merepotkan.

Satu alasan terakhir untuk segera update: Metode baru Apple yang agak kontroversial dalam memindai gambar yang diunggah ke iCloud untuk materi pelecehan seksual anak telah ditunda hingga akhir tahun ini.

BACA JUGA  IPhone 12 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Jadi, jika Anda menginginkan iOS 15 tetapi curiga dengan metode yang digunakan Apple untuk menemukan jenis materi yang mengganggu ini, maka segera update sebelum Apple menambahkannya di update mendatang.

Kenapa Anda Harus Menunda Update ke iOS 15?

Walaupun Anda akan mendapatkan banyak fitur baru gratis, mungkin lebih masuk akal untuk menunggu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum upgrade ke iOS 15.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2021 Untuk Smartphone

Pertama, ada fungsi-fungsi yang tertunda. Tentu, iOS 15 akan membawa sejumlah perubahan dan peningkatan yang disambut baik pengguna, tetapi beberapa di antaranya tidak akan menjadi bagian dari rilis versi awal. Jika Anda ingin memanfaatkan iOS 15 sepenuhnya, Anda dapat memperbarui ponsel Anda sekarang tapi iOS 15 tersebut akan meminta pembaruan berulang hingga empat atau lima kali hingga akhir tahun nanti, atau Anda dapat menunggu dan memperbaruinya sekali saja ketika OS sudah stabil dan tidak ada bug yang berarti.

Jika Anda memiliki iPhone model lama, iOS 15 masih merupakan peningkatan, tetapi beberapa fitur yang lebih keren hanya tersedia untuk perangkat yang lebih baru. Jika Anda memiliki iPhone XS atau lebih baru, Anda siap untuk lanjut update. Tetapi mereka yang memiliki iPhone 8 / X atau lebih lama akan kehilangan hal-hal seperti audio spasial dan mode potret di FaceTime, teks langsung di foto, dan pemrosesan Siri secara offline.

BACA JUGA  Baterai iPhone 6 Cepat Habis? Begini Cara Memeriksa Penggunaan Baterai di iOS 8

Ada kekhawatiran tentang bug yang cukup serius, kekhawatiran ini bukan hanya pada iOS 15 saja tetapi juga terjadi pada OS manapun. Memang pengujian internal dan proses beta Apple sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya, tetapi bug baru hampir pasti selalu ditemukan ketika perangkat lunak terbaru didistribusikan ke beberapa ratus juta pengguna.

Contoh kasus: Bug di iOS 15 membuat fitur Buka Kunci dengan Apple Watch tidak berfungsi. Apple telah merilis pembaruan iOS 15 hanya untuk iPhone 13, dan kemungkinan besar rilis perbaikan bug iOS 15.0.1 (jika bukan iOS 15.1) akan muncul dalam beberapa minggu setelah iOS 15.

BACA JUGA  Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Dibanding Seri Sebelumnya

Dan kemudian ada masalah dengan aplikasi. Bukan karena versi iOS baru sering membuat aplikasi crash, tetapi aplikasi juga memerlukan pembaruan agar berfungsi sesuai dengan sistem kerja OS baru tersebut, API, dan fitur sistem operasi. Bergantung pada cara Anda menggunakan iPhone, pembaruan iOS terbaru mungkin tidak banyak membantu Anda sampai aplikasi favorit Anda juga diperbarui. Untuk banyak aplikasi populer, ini akan terjadi dalam satu atau dua minggu.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di iPhone? Gampang! Begini Caranya

Rekomendasi: Update Bagi Pemilik iPhone Model Baru, Tunda Bagi Pemilik Model Lama

Jika Anda memiliki iPhone XS atau model yang lebih baru, pembaruan akan terasa sangat bermanfaat karena fungsi-fungsi tambahan yang ada. Bug dalam versi beta final jarang terjadi, dan kami yakin sebagian besar pengguna tidak akan mengalami masalah yang berarti – setidaknya tidak ada yang melebihi fitur baru.

Jika Anda memiliki iPhone 8 / X atau lebih lama, lebih baik menunggu saja hingga iOS 15.1 atau 15.2. Anda tetap kehilangan beberapa fitur, dan ketika digabungkan dengan fitur yang dipindahkan ke versi yang lebih baru dan rilis perbaikan bug yang tak terhindarkan, Anda tidak akan mendapatkan banyak masalah karena kerumitan beberapa pembaruan.

BACA JUGA  iOS 15.0.2 Sudah Rilis Untuk Memperbaiki Beberapa Bug di iOS 15

Jika Anda seorang penggemar yang selalu menginginkan berita terbaru, jangan ragu untuk mengabaikan saran ini (Anda mungkin sudah memiliki iOS 15 beta, kan?). Tetapi jika iPhone Anda berusia lebih dari tiga tahun, Anda bisa meminimalisir masalah bug atau celah keamanan yang membuat pusing hanya dengan menunda update hingga November nanti.

Bagaimana, mau update sekarang atau nanti saja? Keputusan ditangan Anda.