Web Analytics

Kabel Charger iPhone Panas, Bisa Bikin Rusak Atau Tidak?

Kabel charger iPhone terasa panas. Bisakah merusak iPhone? Apa yang terjadi di dalamnya ketika kabel USB terlalu panas? Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi alasan mengapa ini terjadi dan menghilangkan mitos tentang apa yang akan …

Kabel Lightning iPhone Panas, Bisa Bikin Rusak Atau Tidak

Kabel charger iPhone terasa panas. Bisakah merusak iPhone? Apa yang terjadi di dalamnya ketika kabel USB terlalu panas?

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi alasan mengapa ini terjadi dan menghilangkan mitos tentang apa yang akan terjadi ketika kabel lightning menjadi panas.

Dari semua kerusakan yang saya lihat, yang paling umum adalah kabel berjumbai di dekat ujung tempat iPhone terhubung. Saya juga melihat ada tonjolan di ujungnya.

Kenapa Kabel Menekuk Saat Terlalu Panas?

Tonjolan di ujung biasanya disebabkan oleh korsleting di dalam housing karet di ujung kabel yang terhubung ke iPhone. Karena korsleting, kabel di dalam terlalu panas, plastik yang mengelilingi korsleting berubah bentuk, dan plastik yang terlalu panas menyebabkan tonjolan terbentuk di ujungnya.

BACA JUGA  Iphone 5c Kini Masuk Dalam Jajaran Perangkat “Antik” Dengan Dukungan Terbatas

Bisakah Kabel Berjumbai atau Menonjol Merusak iPhone?

Jawaban singkatnya tidak – kecuali untuk satu pengecualian yang akan saya sebutkan nanti. Hanya dalam kasus paling langka, kabel yang sudah jelek dapat merusak iphone. Ini karena port charging di perangkat Anda sebenarnya cukup tangguh kecuali terkena air dan jika terjadi korsleting, dan itu terjadi di kabel, bukan iPhone itu sendiri.

Sirkuit Pendek? Bisa Bikin Rusak atau Tidak?

Ketika Anda mendengar “korsleting”, kita dapat membayangkan sejumlah besar arus listrik merobek logic board dan berasap. Ada kemungkinannya jika perangkat dicolokkan langsung ke stopkontak, tetapi tidak.

BACA JUGA  iOS 15 Sudah Rilis, Update Sekarang atau Nanti? Baca Ini Dulu

Ingatlah bahwa jumlah daya mengalir ke iPhone tidak diatur oleh kabel, tetapi oleh adaptor daya 5 volt dicolokkan ke dinding atau port USB komputer (juga 5 V). Kabel dapat memendekkan apapun diinginkannya, tetapi tidak dapat melepaskan muatan berlebih yang dapat “membebani” perangkat Anda.

Kondisi Langka Seperti Apa yang Bisa Merusak?

Ada satu pengecualian di mana kabel USB iPhone dapat merusak, tetapi itu tidak ada hubungannya dengan kabel tersebut. Pelanggan sering membawakan saya iPhone dengan tanda-tanda terbakar dibagian dalam dan di sekitar port pengisian daya. Dalam semua kasus, pada pemeriksaan lebih dekat, juga ditemukan korosi di dalam sambungan.

BACA JUGA  Baterai iPhone 6 Cepat Habis? Begini Cara Memeriksa Penggunaan Baterai di iOS 8

Pengecualiannya adalah jika rusak karena air, kabel USB apa pun, apakah sebelumnya memang rusak atau tidak, pasti akan merusak semua jenis perangkat elektronik.

Ini karena korsleting tidak terjadi di kabel, tetapi di perangkat itu sendiri. Jika bagian dalam perangkat terlalu panas, baterai akan rusak, dan reaksi kimia yang terjadi saat baterai terlalu panas bisa saja membuat perangkat meledak.

Jadi kesimpulannya? Bisakah Kabel Berjumbai & Menonjol merusak iPhone?

Saya tidak pernah melihatnya. Saat kabel terlalu panas, hal itu terjadi di dalamnya, yang tentunya terlalu jauh dari perangkat untuk dapat menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA  iPhone Hanya Bisa Dicas di Laptop atau Mobil, Ini Solusinya

Satu-satunya pengecualian, seperti telah kita bahas sebelumnya, adalah “ketika kabel di dalam iPhone terlalu panas”. Dalam hal ini, kabel benar-benar tidak dapat disalahkan, meskipun tampaknya demikian.

Jika iPhone Anda panas, itu masalah berbeda.

Jangan salah paham: saya tidak bermaksud mengatakan bahwa kabel yang berjumbai dan menonjol itu dipakai saja terus sampai kapanpun. Tapi, Anda pasti tidak suka kabelnya panas terus-menerus bukan? Jika sudah terasa tidak nyaman, diganti saja dengan yang baru.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2021 Untuk Smartphone

Tapi kalau ditanya bisa merusak iPhone atau tidak? Tentunya tidak.