Web Analytics

Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Anda sedang menyiapkan atau mencadangkan iPhone baru Anda dan tiba-tiba tiba-tiba dimintai kata sandi untuk ID Apple orang lain. Bahkan Anda sendiri tidak tahu siapa pemilik ID yg dimaksud, lantas mengapa muncul di iPhone Anda? …

iPhone Meminta Verifikasi ID Apple Orang Lain Terus Menerus

Anda sedang menyiapkan atau mencadangkan iPhone baru Anda dan tiba-tiba tiba-tiba dimintai kata sandi untuk ID Apple orang lain.

Bahkan Anda sendiri tidak tahu siapa pemilik ID yg dimaksud, lantas mengapa muncul di iPhone Anda?

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengapa ID lain muncul di perangkat Anda dan bagaimana cara agar iPhone Anda tidak meminta ID Apple yang salah.

Mengapa iPhone Meminta Kata Sandi ID Apple Yang Tidak Saya Kenali?

IPhone akan terus meminta verifikasi ID dan kata sandi yang salah jika ada aplikasi, lagu, film, acara TV, atau buku yang sebelumnya dibeli menggunakan ID lain karena ini adalah bagian dari proses otorisasi.

BACA JUGA  Pre Order iPhone 12 Sudah Dibuka Untuk Indonesia

Dengan kata lain, ada item yang dibeli di perangkat Anda yang terkait dengan ID lain dan sistem iOS tidak akan mengizinkan Anda mengaksesnya tanpa izin dari ID lain tersebut.

Apakah iPhone Saya Diretas?

Belum tentu..

Jika Anda menggunakan iPhone bekas maka wajar saja jika ada aplikasi yang masih terinstal di perangkat tersebut. Artinya, Anda dan pemilik sebelumnya tidak mengatur ulang atau mereset perangkat seperti baru.

BACA JUGA  iPhone is Disabled, Connect to iTunes. Jangan Panik! Ini Solusinya

Jika Anda menggunakan iPhone baru tapi menemukan masalah seperti ini dan yakin bahwa sebelumnya Anda tidak pernah menggunakan ID Apple lain selain ID Apple pribadi, maka kemungkinan besar perangkat Anda sudah diretas.

Bagaimana Cara Mengetahui Aplikasi, Musik, Film, Acara TV dan Buku Mana yang Dibeli Dengan ID Apple Orang Lain?

Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk membuat daftar item mana yang terkait dengan ID Apple yang mana.

BACA JUGA  iOS 15 Sudah Rilis, Update Sekarang atau Nanti? Baca Ini Dulu

Praktisnya, jika ada aplikasi yang tidak dapat diunduh, atau lagu, film, acara TV tidak dapat diputar, kemungkinan besar aplikasi tersebut terkait dengan ID Apple yang berbeda. Anda harus mendapatkan kata sandi orang itu untuk mengunduh aplikasinya.

Bagaimana Cara Menghentikan iPhone Meminta Verifikasi ID Apple Terus Menerus?

Jika Anda baru saja memulihkan dan dimintai kata sandi ID Apple milik orang yang tidak dikenal, solusi yang paling praktis adalah mengatur ulang seperti baru daripada menelusuri semua pembelian yang tidak dilakukan dengan ID Apple Anda.

BACA JUGA  IPhone 12 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

iPhone akan kembali bersih dan segar layaknya perangkat baru. Meskipun ini mungkin tampak agak ekstrem, tentunya dengan memulai kembali dari awal dapat mengurangi masalah yang bisa saja muncul kedepannya.

Untuk mengatur ulang agar kembali seperti baru, buka Pengaturan > Umum -> Atur Ulang dan pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan“.

Peringatan: Semua konten yang ada didalam perangkat tersebut akan hilang secara permanen, sangat disarankan untuk memindahkan foto, video & file penting lainnya sebelum memulai proses diatas.

BACA JUGA  iOS 15.0.2 Sudah Rilis Untuk Memperbaiki Beberapa Bug di iOS 15

Setelah dimulai ulang, pilih “Instal ulang” atau setting seperti baru dan jangan memulihkan cadangan dari iCloud atau iTunes.

Mulai sekarang, pastikan hanya menggunakan ID Apple pribadi untuk semua pembelian kedepannya dan jangan pernah memberi izin orang lain untuk memasukkan ID Apple dengan alasan apapun, demi keamanan perangkat Apple Anda.

Cara Membagikan Aplikasi, Musik, Film, Acara TV dan Buku

Pada versi iOS 8, Apple sudah memperkenalkan fitur baru dengan nama Family Sharing atau Keluarga Berbagi, yang memungkinkan hingga enam orang untuk berbagi pembelian di iTunes, App Store, dan iBooks.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2021 Untuk Smartphone

Apple juga memiliki panduan tentang fitur Keluarga Berbagi di situs webnya dan pada artikel ini “Membuat atau Bergabung dengan Grup Keluarga Menggunakan Fitur Keluarga Berbagi” adalah tempat yang tepat untuk memulai dan mencari tahu lebih lanjut bagaimana cara memanfaatkannya.

Terima kasih telah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat.