Web Analytics

iPhone Hanya Bisa Dicas di Laptop atau Mobil, Ini Solusinya

IPhone Anda bisa dicas saat dicolokkan ke port USB laptop atau mobil, tetapi tidak bisa mengecas saat dicolokkan ke stop kontak? Anda sudah mencoba berbagai kabel dan charger, tetapi tetap tidak dapat dicas saat dicolokkan …

iPhone Hanya Bisa Dicas di Laptop atau Mobil, Ini Solusinya

IPhone Anda bisa dicas saat dicolokkan ke port USB laptop atau mobil, tetapi tidak bisa mengecas saat dicolokkan ke stop kontak?

Anda sudah mencoba berbagai kabel dan charger, tetapi tetap tidak dapat dicas saat dicolokkan ke stop kontak?

Dalam artikel ini, saya akan memberi tahu Anda mengapa iPhone Anda tidak dapat dicas saat dicolokkan ke stop kontak, berikut penjelasan mengapa itu terjadi dan cara mengatasi masalah yang membingungkan ini.

Jika iPhone Anda mati total dan tidak bisa dicas sama sekali, silahkan baca artikel ini Phone Mati Total dan Tidak Bisa di Charge? Ini Solusi Dari Mantan Teknisi Apple.

Daftar Isi

Pahami masalahnya

Saya melakukan sedikit googling dan menemukan bahwa banyak orang mengalami masalah ini, tetapi saya tidak dapat menemukan jawaban yang sebenarnya. Pada umumnya, masalahnya adalah sebagai berikut:

“IPhone saya tidak bisa dicas saat dicolokkan ke stop kontak dinding. Hanya bisa dicas saat dicolokkan ke laptop atau charger mobil saja. Saya sudah mencoba menukar kabel dan charger, tetapi tetap tidak ada bedanya.”

BACA JUGA  Kabel Charger iPhone Panas, Bisa Bikin Rusak Atau Tidak?

Awalnya saya pikir hal ini bermasalah dengan kabel pihak ketiga atau charger dindingnya, tapi ternyata tidak. Keduanya menggunakan kabel dan charger bermerek resmi Apple. Bahkan lebih membingungkan, kabel dan charger yang sama yang tadinya tidak berfungsi malah berfungsi sempurna dengan iPhone lain.

Ini sebenarnya masalah yang cukup rumit untuk dipecahkan. Saya tahu, pasti ada perbedaan antara mengecas langsung dari stop kontak dan mengecas dari komputer / laptop, tapi apa bedanya? Seharusnya charger dinding atau stop kontak, komputer, mobil, semuanya mengeluarkan 5V (volt), tetapi saya menemukan fakta bahwa semua tak sama (hmm, seperti sebuah lagu legendaris).

BACA JUGA  Iphone 5c Kini Masuk Dalam Jajaran Perangkat “Antik” Dengan Dukungan Terbatas

Sifat Dasar Kelistrikan

Saya tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang sifat listrik, tetapi saya pernah membaca sebuah analogi yang membantu saya memahami konsep tegangan dan arus. Ini dia:

Listrik yang mengalir melalui kabel itu sama seperti air yang mengalir melalui selang. Diameter selang sesuai dengan kekuatan arusnya, inilah yang menentukan jumlah air atau arus yang dapat mengalir melalui selang pada satu waktu. Tekanan selang sama dengan tegangan karena menentukan tekanan air atau arus listrik yang masuk ke perangkat Anda.

BACA JUGA  iPhone is Disabled, Connect to iTunes. Jangan Panik! Ini Solusinya

Bukankah Semua Charger 5 Volt itu Sama?

Kunci untuk memecahkan masalah ini adalah memahami bahwa tidak semua charger 5 volt diciptakan sama. Perbedaan antara charger tidak terletak pada tegangan, tetapi pada “Arus Listrik“.

Charger dinding, USB, dan charger mobil iPhone semuanya adalah charger dengan daya 5 volt, tetapi faktor penentunya adalah arus listrik. Charger dinding memberikan muatan 5 volt pada 1 amp (1A), yang artinya sama dengan 1000 miliampere (1000 mA). Sebagian besar laptop mengirimkan muatan 5V pada 500 miliampere (500 mA), yang merupakan setengah saja dari arus adaptor dinding iPhone.

BACA JUGA  Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Mengapa iPhone Bisa Dicas di Mobil atau di Komputer, Tetapi Tidak di Stop Kontak?

IPhone Anda tidak dapat menerima arus dari charger dinding Anda (1 amp+), tetapi dapat menangani arus listrik dari charger mobil dan laptop Anda (500mA). Setelah beberapa percakapan singkat yang saya lakukan dengan para ahli, ini bisa jadi karena masalah dengan regulator input arus atau regulator tegangan.

BACA JUGA  IPhone 12 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

iPhone dirancang agar kompatibel dengan charger mulai dari 500 mA hingga charger iPad 2,1A. Teori saya adalah bahwa sirkuit di dalam yang berfungsi membedakan antara ampere telah rusak sehingga iPhone Anda hanya akan menerima ampere serendah mungkin. Namun, ini masih sebatas teori.

Bisakah Charger iPad merusak iPhone saya?

Tidak. iPhone dirancang untuk arus yang lebih tinggi dari 500mA atau 1A yang diberikan oleh charger dinding / stop kontak. Charger iPad 12 volt menghasilkan 2,1 amp dan kompatibel dengan iPhone apa pun sesuai dengan spesifikasi resmi Apple.

BACA JUGA  Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Dibanding Seri Sebelumnya

Karena ampere menentukan jumlah listrik yang mengalir melalui kabel, semakin tinggi ampere maka semakin cepat perangkat tersebut dicas. iPad dapat dicas menggunakan charger iPhone, tetapi akan mengecas dua kali lebih cepat menggunakan charger iPad dengan arus listrik yang lebih tinggi. Namun, beberapa ahli percaya bahwa pengisian baterai polimer lithium pada ampere yang lebih tinggi dapat memperpendek umur baterai secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Memperbaiki iPhone Yang Tidak Bisa Dicas Saat Dicolokkan ke Stop Kontak?

Sayangnya, jika regulator input daya rusak, maka tidak ada yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memperbaiki masalah tersebut. Tapi jangan khawatir, masih ada cara lain yang patut Anda coba.

BACA JUGA  iOS 15.0.2 Sudah Rilis Untuk Memperbaiki Beberapa Bug di iOS 15

Ini solusinya..

Meskipun charger dinding 1A Apple tidak berfungsi, Anda dapat membeli charger dinding biasa saja dengan 500mA di Marketplace seperti Shopee atau Tokopedia yang akan memberikan arus listrik yang dapat ditangani iPhone Anda. Ini bukan solusi sempurna, tetapi masih lebih baik daripada menukar seutuhnya.

Untuk memudahkan Anda, saya mencoba mencari charger 500mA tersebut di beberapa marketplace, berikut link tokonya https://www.tokopedia.com/baronstore551/adaptor-charger-usb-5v-500ma.

Peringatan: Saya belum menguji coba secara pribadi charger Marketplace 500mA dengan iPhone dalam skenario seperti ini karena saya tidak memiliki perangkat dengan masalah yang sama. Saya tidak yakin 100% charger dinding 500mA akan mengatasi masalah ini, tetapi menurut saya patut dicoba karena hanya dengan mengeluarkan uang dibawah Rp. 100.000 saja.

BACA JUGA  Pre Order iPhone 12 Sudah Dibuka Untuk Indonesia

Jika perangkat Anda masih memiliki masa garansi, sebaiknya segera kunjungi Apple Store di daerah Anda.

Kesimpulan

Kami telah membahas banyak hal dalam artikel ini dan sekarang Anda tahu bahwa Anda dapat mengecas iPhone ke stop kontak selama Anda menggunakan charger dengan 500mA.

Saya juga telah mendengar dari beberapa orang yang mengatakan bahwa daya tahan baterai mereka telah menurun sejak mereka pertama kali menyadari masalah ini. Mungkin saya akan mencoba menulis Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai iPhone dilain waktu.

BACA JUGA  Mengapa iPhone Meminta ID Apple Orang Lain? Jangan Panik, Ini Solusinya

Saya akan senang sekali mendengar pengalaman Anda tentang mengecas iPhone ke stop kontak, terutama jika Anda mengalami masalah ini. Jika Anda telah memutuskan untuk membeli charger 500mA dan mencobanya, beri tahu saya jika charger tersebut cocok untuk Anda! Ini adalah masalah umum dan pengalaman Anda dapat membantu banyak orang yang mengalami masalah yang sama.