Web Analytics

15 Cara Membuat Rambut Tebal dan Tidak Rontok Secara Alami

Rambut Anda tipis dan mudah rontok? Tenang, karena cara membuat rambut tebal dan tidak rontok secara alami dan cepat yang akan kita bahas berikut ini dapat Anda andalkan. Selain lebih murah, cara ini juga sangat …

Cara Membuat Rambut Tebal dan Tidak Rontok

Rambut Anda tipis dan mudah rontok? Tenang, karena cara membuat rambut tebal dan tidak rontok secara alami dan cepat yang akan kita bahas berikut ini dapat Anda andalkan. Selain lebih murah, cara ini juga sangat mudah dilakukan.

Semua orang ingin memiliki rambut yang tidak mudah rontok, tebal dan sehat. Masalahnya, tidak semua orang dikaruniai rambut tebal begitu saja sejak lahir.

Sebagian orang dilahirkan dengan rambut yang tipis sementara itu beberapa orang lain ada yang mengalami kerontokan akhirnya menyebabkan kebotakan. Penipisan juga bisa terjadi karena pemilihan sampo yang salah dengan kandungan nutrisi yang kurang memadai. Oleh karena itu, perlu menggunakan sampo berkualitas yang membantu merawat dan menguatkan rambut.

Rambut rontok sebenarnya adalah hal biasa. Kerontokan hingga 100 helai per hari masih dalam batas normal. Namun, jika kerontokan terjadi dalam jumlah melebihi itu, artinya Anda perlu waspada.

BACA JUGA  Apa itu Pigmentasi? Pelajari Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Rambut menjadi menipis dan botak, pada akhirnya akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Maka dari itu, banyak orang berusaha mencari cara untuk menebalkan rambut tipis yang diakibatkan oleh kerontokan berkepanjangan.

Tidak mungkin menghitung jumlah helai yang rontok saat mencuci atau menyikat rambut. Namun Anda akan merasakan sendiri bahwa rambut menjadi menipis dan terlihat kebotakan di beberapa bagian kepala.

Cara alami dan cepat yang kita bahas ini, tentunya tidak menggunakan bahan kimia. Oleh karena itu, ini merupakan cara yang aman dan tidak memiliki efek samping sama sekali. Cara menebalkan ini bisa dilakukan di rumah karena bahan-bahan alami yang digunakan ada di sekitar kita.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik Untuk Wanita Yang Populer di Internasional

Namun, sebelum kita mulai ada baiknya Anda memahami faktor penyebab kerontokan rambut terlebih dahulu.

Singkatnya dari berbagai sumber, penipisan rambut bisa disebabkan oleh stres, perubahan hormonal, dan pengaruh makanan. Penipisan rambut juga bisa disebabkan oleh bahan kimia, seperti jenis sampo yang salah, atau efek samping obat.

Penyakit kulit, penyakit autoimun, merokok, dan minum minuman beralkohol semuanya dapat menyebabkan rambut menjadi semakin tipis.

Nah setelah mengetahui beberapa alasannya, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat rambut tipis menjadi lebih tebal secara alami dirangkum dari beberapa sumber.

Daftar Isi

15 Cara Membuat Rambut Tebal dan Tidak Rontok Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

1. Teh Hijau

Selain digunakan untuk diminum, teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara efektif untuk membuat rambut tebal. Teh hijau mengandung antioksidan, polifenol, fluorida, vitamin C, mangan, L-theanine, dan katekin, dan triknya adalah diamkan selama 15 menit lalu oleskan ke kulit kepala Anda.

2. Madu

Madu sudah terbukti memiliki ribuan khasiat sejak ribuan tahun yang lalu. Oleskan madu secara merata pada rambut, seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

BACA JUGA  Mau Memutihkan dan Mencerahkan Kulit? Ini 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Terlebih Dahulu

3. Cara Membuat Rambut Tebal Dengan Minyak Kemiri

Cara menebalkan rambut dengan minyak kemiri sudah lama digunakan. Kemiri adalah salah satu bahan dapur yang paling umum untuk penyedap masakan.

Zat yang ada di dalam minyak kemiri seperti Aponin, Polifenol dan Flavonoid, telah menunjukkan manfaat kesehatan signifikan dalam berbagai penelitian. Anda dapat menggunakan kemiri dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan menggiling kemiri dengan halus lalu mengoleskannya pada kulit kepala selama 30 menit atau cara kedua adalah dengan menggunakan minyak kemiri juga dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

BACA JUGA  8 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kaki Sekaligus Menghilangkan Stress

4. Cara Membuat Rambut Tebal Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin D, Vitamin E, dan vitamin K, asam miristat, asam arakidik, asam lemak tak jenuh, asam palmitat, asam stearat, lignan, polifenol, kalium, asam oleat, asam lemak esensial, kalsium dan zat besi. Kandungan bermanfaat inilah yang menjadi alasan mengapa minyak zaitun digunakan untuk membuat rambut lebih tebal. Caranya sangat sederhana, oleskan minyak tersebut ke kulit kepala Anda sebelum mulai keramas.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan sumber lemak jahat dan dapat meningkatkan kolesterol, ternyata hoax! Kali ini tentunya pembahasannya bukan tentang minyak kelapa masak, melainkan tentang minyak kelapa murni. Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa murni merupakan modifikasi dari proses produksi minyak kelapa untuk menghasilkan lebih sedikit kadar air, juga sedikit asam lemak bebas hingga menghasilkan minyak berwarna kekuningan, harum dan memiliki umur simpan yang lama.

BACA JUGA  Berapa Lama Olahraga Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi? Begini Menurut Penelitian Terbaru

Kita bisa menggunakan minyak kelapa untuk menyuburkan rambut. Caranya, oleskan saja minyak kelapa murni ke kulit kepala Anda sebelum mulai mencuci dan keramas.

6. Santan

Selain untuk memasak, ternyata santan juga bisa digunakan untuk menebalkan rambut secara alami dan cepat. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, besi dan tembaga. Kandungan ini menjadikan santan sebagai salah satu yang cara efektif.

BACA JUGA  Berapa Lama Olahraga Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi? Begini Menurut Penelitian Terbaru

7. Lidah Buaya

Cara membuat rambut tebal dengan lidah buaya memang sudah menjadi rahasia umum dan sudah dipraktekkan sejak lama. Lidah buaya, demikian sebutannya, banyak menjadi bahan dalam merek sampo. Lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat, seperti:

Lidah buaya mengandung banyak zat penting dalam menunjang kesuburan rambut seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Caranya sederhana, ambil satu batang lidah buaya, lalu belah menjadi dua secara horizontal, dan gosokkan gel tersebut pada kulit kepala di bagian tengah. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas. Gunakan setiap hari sebelum keramas secara konsisten.

BACA JUGA  8 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kaki Sekaligus Menghilangkan Stress

8. Putih Telur

Meski berbau amis, putih telur bisa digunakan untuk menebalkan rambut tipis. Untuk mengurangi baunya yang amis, campur putih telur dengan jus lemon dan oleskan ke kulit kepala.

9. Buah Alpukat dan Buah Pisang

Alpukat dan pisang kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kilau rambut. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan secara merata pada rambut seperti menggunakan masker.

10. Buah Jeruk

Jeruk juga bisa digunakan untuk membuat rambut tebal. Caranya adalah dengan membelah sebuah jeruk lalu mengoleskannya ke kulit kepala Anda.

11. Seledri

Ternyata persentase terbesar dalam seledri adalah air, yang merupakan 93 persen dari total berat seledri. Seledri juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serat, kalium, zat besi dan fosfor. Hancurkan seledri lalu oleskan secara merata ke rambut.

BACA JUGA  Kulit Kusam: Gejala, Penyebab, Perawatan, Tips Memperbaiki Warna Kulit

12. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai masker untuk membuat rambut tipis menjadi lebih tebal. Bau bawang merah memang sangat kuat, jadi gunakan secukupnya.

Caranya, haluskan dan ambil air perasan bawang lalu oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan sampo sampai bersih.

Jika muncul rasa perih yang membuat Anda merasa tidak nyaman, hindari mengoleskannya ke kulit kepala dan biarkan saja selama 5-10 menit.

13. Penuhi Kebutuhan Nutrisi yang Cukup

Untuk menghindari terganggunya produksi hormon rambut, konsumsilah makanan menyehatkan seperti sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

BACA JUGA  Mau Memutihkan dan Mencerahkan Kulit? Ini 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Terlebih Dahulu

14. Penuhi Kebutuhan Vitamin A Dengan Cukup

Kebutuhan vitamin A cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar rambut tidak mengalami kerontokan berlebihan. Anda bisa menggunakan suplemen dengan kandungan vitamin A atau mengonsumsi makanan kaya vitamin A seperti wortel dan apel.

15. Gunakan Sampo Yang Tepat

Cara terakhir tentunya adalah dengan menggunakan sampo yang tepat. Kenali jenis rambut Anda agar tidak salah memilih sampo.

Itulah 15 cara membuat rambut tebal dan tidak rontok secara alami yang bisa Anda coba di rumah kapan saja, tentunya karena semua bahan-bahan kami bahas diatas dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

Topik Terkait: