Web Analytics

10 Aplikasi Terbaik Untuk Menggunakan Perintah Terminal Linux di Android

10 Daftar dibawah ini adalah Aplikasi Emulator Terminal Linux Terbaik untuk Android Yang Layak Anda Coba

Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan besar bagi pengguna sistem operasi Linux. Sistem open-source dan bebas digunakan inilah yang membuat sistem operasi ini istimewa.

Sekarang semakin banyak orang yang ingin menggunakan Linux, mereka tidak membutuhkan sistem dan distribusi lengkap untuk itu karena mereka dapat melakukannya sekarang di smartphone Android mereka.

Dengan ponsel Android tingkat atas baru yang keluar akhir-akhir ini, sekarang lebih nyaman untuk menjalankan perintah di Terminal Linux.

Apa Saja Aplikasi Terminal Linux Terbaik Untuk Android?

Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik untuk menggunakan perintah terminal Linux pada smartphone Android:

Material Terminal

Harga: Gratis dengan iklan/$1,07 – $5,03 per item

Sebagian besarnya, aplikasi ini adalah versi re-skin dari Terminal Emulator untuk Android, tetapi sejak itu telah diperbarui dan sekarang disebut Material Terminal.

Aplikasi ini juga sekarang menyertakan fitur-fitur baru seperti memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan antarmuka, dan secara bersamaan juga mendukung Windows.

Menurut saya, fitur terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah mendukung banyak bahasa. Ini mencakup hampir semua hal yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan shell baris perintah berbasis Linux.

BACA JUGA  Cara Membuka Kunci Pola Android Lenovo Tanpa Reset

Sama seperti kebanyakan aplikasi lainnya, aplikasi ini juga membutuhkan ponsel Android yang telah di-root untuk bekerja. Selain itu, aplikasi ini tersedia di play store secara gratis.

Local ADB Shell

Harga: $2.99

Salah satu aplikasi lain yang paling sederhana untuk digunakan untuk terminal Linux adalah LABD. Ini adalah aplikasi yang sangat kuat dan juga memberi Anda akses mudah ke Shell Android Debug Bridge.

Bagian terbaik tentang aplikasi ini adalah hampir semua orang dapat menggunakannya berkat instruksi manualnya yang sederhana.

BACA JUGA  Anda Hobi Traveling? Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Tahun 2022 Untuk Smartphone

Aplikasi ini paling baik bekerja pada perangkat dengan 64-bit, tetapi mungkin mengalami masalah pada perangkat dengan 32-bit. Aplikasi ini tersedia dengan harga $2,99 di play store sekarang.

Linux Deploy

Harga: Gratis

Ketika membahas tentang aplikasi yang dapat membantu Anda menjalankan OS Linux dengan lancar di ponsel Anda, maka aplikasi ini jelas merupakan salah satu yang terbaik karena sangat kompatibel dengan sistem operasi Android.

Anda dapat menjalankan beberapa distro Linux seperti CentOS, Alpine, Debian, Ubuntu, dll. Hal terbaik yang saya temui dengan aplikasi ini adalah aplikasi ini mendukung banyak bahasa dalam antarmukanya.

Setelah Anda mengaturnya dengan benar, Anda dapat menggunakan terminal Android berbasis Linux, yang disertakan, hampir tanpa masalah.

BACA JUGA  10 Aplikasi GPS Pelacak Mobil Terbaik untuk Android

Satu-satunya hal yang akan mengganggu sebagian besar orang adalah aplikasi ini mengharuskan ponsel Anda di-root. Selain itu, aplikasi luar biasa ini sepenuhnya gratis untuk diunduh.

Termius

Harga: Gratis dengan iklan/IAP dari $1,49 – $2,49

Termius adalah salah satu aplikasi klien SSH dan SFTP terbaik di luar sana bagi Anda untuk mengelola sistem operasi Linux di ponsel pintar Android Anda.

Ini juga merupakan salah satu aplikasi dengan rating tertinggi dan diunduh untuk menginstal perintah terminal Linux.

Bagi saya, fitur terbaik dari aplikasi ini adalah aplikasi ini juga tersedia untuk PC, sehingga Anda dapat menyinkronkannya dengan ponsel cerdas Anda juga.

BACA JUGA  10 Aplikasi Kompas Terbaik & Gratis Untuk Android Bagi Para Traveler

Ini adalah aplikasi gratis yang juga tidak memiliki iklan yang menjengkelkan. Anda juga bisa membayar antara $0,99 – dan $99,99 per item untuk mendapatkan fitur premium.

BusyBox

Harga: Gratis

BusyBox adalah aplikasi luar biasa yang memungkinkan pengguna mengakses shell baris perintah Linux internal.

Meskipun banyak pengguna yang tidak mengetahui aplikasi ini, aplikasi ini masih merupakan salah satu pilihan terbaik yang tersedia saat ini secara gratis.

Saya sangat menyukai versi pro dari aplikasi ini yang memberi Anda akses ke opsi-opsi seperti pencadangan, pemasangan cerdas tingkat lanjut, dan banyak lagi.

BACA JUGA  13 Aplikasi Office Android Terbaik Untuk Bisnis dan Pekerjaan

Sebagian besar iklan yang menjengkelkan tidak ada dalam aplikasi ini. Satu-satunya keluhan terkait aplikasi ini adalah aplikasi ini mengharuskan ponsel Anda di-root.

JuiceSSH

Harga: Gratis/$10,99 per item

Jika Anda mencari aplikasi yang beragam yang memungkinkan Anda menggunakan perintah terminal Linux, maka tidak perlu mencari lagi selain JuiceSSH.

Aplikasi ini mampu mendukung beberapa plugin pihak ketiga dan juga terminal Android lokal. Satu fitur yang sangat saya apresiasi tentang aplikasi ini adalah keyboard khusus yang disediakannya untuk pengguna.

Keyboard yang disesuaikan itu membantu dalam menemukan karakter yang tepat saat dibutuhkan. Itu juga dilengkapi dengan gerakan untuk weechat, tmux, irssi, dan lain-lain. Aplikasi ini benar-benar gratis untuk diunduh sekarang.

BACA JUGA  10 Aplikasi Penghapus Latar Belakang Terbaik untuk Android

Termux

Harga: Gratis

Termux adalah salah satu aplikasi paling sederhana yang akan Anda temukan yang memungkinkan Anda menjalankan OS Linux dengan mudah di smartphone Android.

Aplikasi ini menggabungkan emulasi terminal dengan paket Linux yang berbeda. Fitur yang paling menonjol bagi saya adalah bahwa melalui aplikasi ini, jauh lebih mudah untuk mengakses server menggunakan SSH.

Satu hal yang mungkin membuat beberapa orang kecewa adalah jumlah paket Linux-nya yang terbatas. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis dari play store.

Terminal Emulator

Harga: Gratis

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terminal Linux tertua yang tersedia saat ini. Hal terbaik tentang aplikasi ini adalah memungkinkan individu menggunakan shell baris perintah Linux bawaan.

BACA JUGA  6 Merk Smartphone Yang Tidak Cepat Panas, Handal Multitasking

Salah satu hal lain yang membuat aplikasi ini menonjol dari yang lain, adalah aplikasi ini menampilkan panduan pengguna dalam bahasa yang lugas.

Aplikasi ini dapat bekerja pada perangkat yang tidak di-root tetapi mungkin akan bekerja paling baik pada perangkat yang di-root.

ConnectBot

Harga: Gratis

Mereka yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkan emulator terminal Linux lengkap di ponsel mereka, maka mereka tidak perlu mencari lebih jauh karena ConnectBot sangat mudah dipasang.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Aplikasi VoIP Android Gratis dan Terbaik

Selain memungkinkan Anda menjalankan perintah terminal Linux, ConnectBot juga memungkinkan Anda mentransfer file di dalam ponsel dan server web yang diinginkan.

Hal yang paling saya kagumi dari aplikasi ini adalah aplikasi ini mendukung metode autentikasi SSH terbaru.

Meskipun ini adalah aplikasi gratis, tidak ada iklan menjengkelkan yang biasanya Anda temui di aplikasi lain, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini layak untuk diunduh.

Qute: Terminal Emulator

Harga: Gratis dengan iklan/$1,49 per item

Ini adalah salah satu aplikasi berperingkat tertinggi yang akan Anda temukan di play store jika Anda ingin menggunakan perintah terminal Linux di ponsel cerdas Anda.

BACA JUGA  8 Konsol Game Android Portable Terbaik Untuk Mobile Gamer

Dengan rating 4.1, Qute tidak hanya memungkinkan Anda menjalankan banyak perintah Linux, tetapi juga memungkinkan Anda membuat beberapa pintasan untuk perintah-perintah tersebut.

Fitur yang paling saya sukai adalah shell baris perintah bawaannya untuk Android. Aplikasi gratis ini juga dapat bekerja pada ponsel yang belum di-root, tetapi rooting ponsel Anda akan diperlukan jika ponsel Anda menjalankan Android 11 atau lebih tinggi.

Kesimpulan

Jika Anda telah menggunakan sistem operasi Linux sejak lama, maka Anda tidak akan pernah menduga bahwa akan tiba saatnya Anda dapat menjalankan perintah Linux pada smartphone Android.

Mudah-mudahan, kedepannya mungkin akan bermunculan aplikasi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang yang akan mendukung perintah terminal Linux.