Web Analytics

10 Aplikasi Terbaik Untuk Menginstal OS Linux di Android

Berikut ini adalah aplikasi yang membantu Anda menjalankan Sistem Operasi Linux pada Perangkat Android

Teknologi menjadi lebih maju seiring dengan majunya zaman, dan karena itu, sekarang ini kita semakin mudah untuk mengakses sistem operasi apa pun.

Hari-hari membawa laptop dari satu tempat ke tempat lain perlahan-lahan berkurang, dan ini adalah sesuatu yang akan lebih menguntungkan bagi para pengembang daripada pengguna komputer pada umumnya.

Sistem yang dapat digunakan secara gratis seperti OS Linux telah mengalami pertumbuhan besar selama beberapa tahun terakhir dan masuk akal bahwa banyak pengembang yang lebih memilih Linux juga harus mencobanya di perangkat Android mereka.

Dapatkah Saya Menginstal Linux di Ponsel Android?

Ya, tentunya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menginstal distribusi Linux biasa pada perangkat Android dan mengubah ponsel atau tablet Anda menjadi server Linux/Apache/MySQL/PHP yang lengkap.

Ini sempurna untuk menjalankan aplikasi berbasis web di dalamnya, menginstal dan menggunakan alat Linux favorit Anda, menggunakan terminal perintah Linux dari android dan bahkan menjalankan lingkungan desktop grafis yang tidak memerlukan sumber daya yang berat.

Berikut Adalah 10 Aplikasi Terbaik Untuk Menginstal OS Linux di Smartphone atau Perangkat Tablet Android

Andronix

Harga: Gratis / IAP dari $0,99 – $1,99

Ini mungkin aplikasi yang paling banyak digunakan di platform Android yang memungkinkan pengguna mengakses OS Linux. Fitur yang paling saya sukai adalah Anda dapat melakukan hampir semua hal dengannya seperti apa yang akan Anda lakukan di komputer Linux Anda.

BACA JUGA  10 Game Horor Android Yang Menyeramkan dan Layak Untuk Dicoba

Andronix menggunakan PRoot untuk menjalankan sebagian besar distribusi Linux. Ini adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang hampir sepenuhnya dapat mengakses OS Linux dari perangkat seluler.

Andronix juga menawarkan versi modded OS Linux yang dilengkapi dengan perangkat lunak penting yang terinstal Ore untuk dapat mencapai kinerja maksimum.

VNC Viewer

Harga: Gratis

VNC Viewer adalah salah satu aplikasi desktop jarak jauh terbaik untuk android. Ia cukup unik dibanding dengan aplikasi Linux lainnya untuk android. Dengan bantuan VNC Viewer, Anda dapat mengontrol desktop Anda dari mana saja.

BACA JUGA  10 Aplikasi Untuk Mendownload Memoji/Animoji di Android Gratis

Dengan mengunduh aplikasi gratis ini, Anda dapat langsung mengakses komputer Linux Anda dan melakukan semua fungsi seolah-olah Anda sedang duduk di depan desktop Anda.

Secara pribadi, saya merasa bahwa bagian terbaik tentang aplikasi ini adalah Anda benar-benar seperti menggunakan komputer Linux Anda sendiri langsung dari ponsel cerdas Anda yang secara virtual menawarkan OS linux lengkap.

BusyBox

Harga: Gratis

Sebagian besar orang yang menggunakan sistem operasi Linux di ponsel cerdas mereka bahkan tidak mengetahui aplikasi ini. BusyBox memberi pengguna smartphone Android akses perintah Linux. Ini menyediakan banyak alat Unix standar yang dibutuhkan sebagian besar pengguna OS Linux.

Fitur yang paling saya kagumi adalah versi pro dari aplikasi ini, yang tidak dimiliki oleh sebagian besar aplikasi lain.

BACA JUGA  10 Aplikasi Perekam Panggilan Android Terbaik

Versi pro memberi Anda akses ke fitur-fitur seperti pencadangan, pemasangan cerdas tingkat lanjut, penghapusan instalan, dan banyak lagi. Perlu diketahui bahwa aplikasi gratis ini membutuhkan perangkat Android yang di-root untuk dapat bekerja.

Linux Deploy

Harga: Gratis

Jika Anda berpikir bahwa sebagian besar aplikasi sama saja, atau tidak menawarkan banyak alasan mengapa Anda harus mencoba aplikasi yang akan menjalankan OS Linux, maka Linux Deploy adalah aplikasi yang tepat untuk Anda.

Ini adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang memungkinkan menjalankan Linux dengan sangat baik di platform Android. Anda bahkan dapat membalikkan perubahan yang telah Anda buat melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini juga mendukung antarmuka multi-bahasa. Ini adalah aplikasi open-source untuk OS android untuk mengakses instalasi sistem operasi (OS) GNU/Linux dengan mudah.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Aplikasi VoIP Android Gratis dan Terbaik

Meski memberikan begitu banyak fitur secara gratis, satu-satunya kelemahan utama dari aplikasi ini adalah aplikasi ini mengharuskan ponsel Anda untuk di-root.

AnLinux

Harga: Gratis dengan iklan

Jika Anda frustrasi mengetahui bahwa Anda perlu me-root ponsel Android Anda untuk menginstal sistem operasi Linux, maka aplikasi ini akan memberi Anda peace of mind. Aplikasi ini dapat Menjalankan Linux Di Android Tanpa Akses Root.

Dengan menggunakan teknologi Termux dan PRoot, AnLinux memberikan pengalaman OS Linux yang luar biasa kepada para penggunanya. AnLinux juga mendukung beberapa lingkungan desktop seperti Xfce4, Mate, LXQt, dan lainnya.

Satu hal yang saya sukai dari aplikasi ini adalah jumlah distribusi Linux yang ditawarkannya. Termasuk Ubuntu, Fedora, BackBox, Debian, Kali, dan banyak lagi.

Pengguna OS Linux pasti akan bersenang-senang dengan AnLinux dan mereka dapat mengunduhnya sekarang secara gratis.

BACA JUGA  10 Aplikasi Terbaik Untuk Menggunakan Perintah Terminal Linux di Android

Linux Mint Simulator

Harga: Gratis dengan iklan/IAP dari $2.49 – $48.99

Linux Mint Simulator adalah salah satu emulator Linux yang lebih baik untuk android. Saat memikirkan beberapa aplikasi paling canggih untuk menginstal OS Linux, maka aplikasi pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Linux Mint Simulator.

Bagian terbaik tentang aplikasi ini adalah memungkinkan Anda untuk melakukan banyak tugas pada saat yang sama dan antarmuka pengguna-nya jauh lebih baik dibandingkan dengan aplikasi linux lainnya juga.

Namun, masih ada banyak ruang untuk pebaikan dalam aplikasi ini, meski begitu aplikasi ini layak diunduh karena sepenuhnya gratis.

Debian Noroot

Harga: Gratis

Debian noroot adalah aplikasi bagus lainnya untuk menjalankan OS Linux di smartphone atau tablet Anda. Seperti yang bisa Anda tebak dari nama aplikasinya, aplikasi ini tidak memerlukan smartphone yang di-root.

BACA JUGA  10 Aplikasi Caller ID Pelacak Nomor HP Terbaik Untuk Android

Sama seperti UserLAnd, aplikasi ini dapat bekerja pada smartphone yang tidak di-root sama sekali. Hal yang saya sukai dari aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Debian.

Aplikasi ini tidak akan memberi Anda seluruh pengalaman OS Debian tetapi akan menunjukkan kepada Anda seperti apa tampilannya.

Satu-satunya hal yang akan mengganggu bagi kebanyakan orang adalah aplikasi ini membutuhkan banyak ruang penyimpanan di ponsel. Meski dengan sedikit kekurangan ini, aplikasi ini 100% gratis dan layak untuk diunduh.

UserLAnd

Harga: Gratis/ IAP dari $0,99 – $19,99

UserLAnd memberi kemudahan kepada Anda karena tidak mengharuskan penggunanya memiliki smartphone Android yang telah di-root untuk menginstal OS Linux.

BACA JUGA  10 Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik Untuk Android - Melindungi Aplikasi Dengan Kata Sandi

Jika Anda tidak memiliki ponsel yang sudah root maka Anda tidak perlu khawatir menghadapi masalah apa pun dalam menginstal distribusi Linux yang berbeda melalui aplikasi ini.

Hanya perlu beberapa menit untuk mengatur semuanya dan mulai menggunakan Ubuntu dan Debian dengan mudah. Aplikasi ini hadir dengan semua yang ada di luar kotak sehingga Anda dapat langsung merasakan desktop Linux seperti Ubuntu dan Debian.

Aplikasi ini juga menawarkan terminal bawaan untuk mengakses shell favorit Anda. Aplikasi ini tersedia gratis di play store sekarang.

Complete Linux Installer

Harga: Gratis dengan iklan/IAP dari $1,99

Ini adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengaktifkan dan menjalankan OS Linux di ponsel Android Anda.

Dengan konfigurasi yang mudah diikuti dan pengaturan yang telah dikonfigurasi (preset) sebelumnya untuk android, ini memberikan pengalaman OS Linux yang lancar dan mudah digunakan bagi pengguna.

BACA JUGA  10 Aplikasi Torrent Terbaik Untuk Android dan Client Torrent Downloader

Satu fitur yang paling menonjol bagi saya adalah beberapa distribusi yang tersedia di aplikasi ini mulai dari Ubuntu hingga Debian hingga Kali Linux dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga memberi Anda opsi untuk menginstal lebih dari satu distribusi sekaligus. Satu-satunya keluhan yang terkait dengannya adalah bahwa aplikasi ini hanya akan berfungsi pada perangkat Android yang di-root. Jika ponsel cerdas Anda di-root, maka aplikasi ini gratis untuk diunduh dari play store.

Termux

Harga: Gratis

Termux adalah salah satu aplikasi paling sederhana yang memungkinkan Anda menjalankan OS Linux di ponsel pintar Android. Aplikasi ini menggabungkan emulasi terminal dengan beberapa paket Linux untuk memberi pengguna pengalaman yang baik dari sistem operasi ini.

BACA JUGA  10 Aplikasi GPS Pelacak Mobil Terbaik untuk Android

Fitur yang paling saya sukai adalah jika Anda bahkan sedikit terbiasa dengan sebagian besar distribusi Linux berbasis Debian, maka Anda dapat melakukan fungsi umum pada aplikasi ini dengan mudah.

Satu-satunya kekurangan aplikasi ini yang saya alami adalah tidak banyak paket Linux yang bisa digunakan. Selain itu, aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk diunduh.

Kesimpulan

Mengakses sistem operasi yang paling sering Anda gunakan akan segera menjadi lebih maju karena kita mungkin mendapatkan lebih banyak aplikasi android yang dapat memberikan pengalaman OS Linux yang lebih baik. Untuk saat ini, Anda bisa gunakan salah satu aplikasi yang tercantum di atas dan berikan komentar Anda tentang mana yang menurut Anda terbaik.