by

Krim Pencerah Kulit: Kandungan, Keunggulan dan Kekurangannya

Pencerahan kulit adalah salah satu teknik yang paling umum digunakan untuk melawan pigmentasi kulit dan membuat kulit tampak lebih baik dan lebih sehat.

Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan krim pencerah kulit komersial meskipun juga dapat dilakukan melalui berbagai proses medis seperti pengelupasan kimiawi atau menggunakan produk buatan sendiri seperti lemon.

Apa itu Krim Pencerah Kulit?

Krim pencerah kulit pada dasarnya adalah produk yang mengandung berbagai bahan yang dirancang untuk memengaruhi kulit dengan cara tertentu.

Ketika bahan-bahan ini dicampur dalam proporsi tertentu, mereka memiliki efek akhir untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan berbagai masalah pigmentasi seperti bintik matahari dan bintik-bintik.

Apa Bahan Efektif di dalamnya?

Agar krim pencerah kulit bisa efektif fungsinya, harus mengandung bahan-bahan utama tertentu.

Bahan-bahan inilah yang berinteraksi dengan kulit untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Bahan yang paling efektif meliputi;

  • Vitamin A: Juga disebut sebagai Retinol, vitamin A menekan produksi melanin dan juga meningkatkan regenerasi kulit sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan bercahaya.
  • Murbai: Diperoleh dari tanaman murbei dan khususnya akar tanaman, ramuan ini telah terbukti menghambat tirosinase (enzim yang penting dalam proses produksi melanin) sehingga efektif mengurangi pigmentasi.
  • Ekstrak Pepaya: Merupakan ramuan alami yang fungsi utamanya untuk pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit berarti bahwa lapisan kulit atas yang kusam yang terdiri dari sel-sel kulit mati dihilangkan untuk mengekspos kulit yang lebih terang di bawahnya.
  • Vitamin B3 atau Niacinamide: Selain sebagai anti inflamasi dan anti oksidan, vitamin B3 juga menghambat produksi melanin.
  • Beta Arbutin: Seperti kebanyakan bahan krim pencerah kulit, beta arbutin yang dalam istilah sederhana, ekstrak bearberry, juga mempengaruhi produksi tirosinase dan dalam prosesnya mengurangi jumlah melanin yang diproduksi di kulit.
  • Vitamin C: Ini adalah ramuan serba guna yang tidak hanya bermanfaat bagi kulit tetapi juga seluruh tubuh secara umum. Sedangkan untuk efeknya pada kulit, Vitamin C terkenal dengan efek anti penuaan dan menutrisi kulit. Ini juga merupakan antioksidan yang berarti menghilangkan zat beracun berbahaya dari kulit dan tubuh. Selain itu, juga mengganggu produksi enzim penghasil melanin, tirosinase yang selanjutnya menghambat produksi melanin.
  • Ekstrak Licorice: Ini juga merupakan bahan penghambat tirosinase. Itu diekstraksi dari akar tanaman licorice.

Tentu saja krim pencerah kulit yang berbeda menggunakan berbagai bahan, beberapa di antaranya tidak disebutkan di atas.

Yang disebutkan, bagaimanapun, dianggap efektif dan aman.

Bagaimana Krim Pencerah Kulit Bekerja?

Melanin merupakan unsur yang memberi warna pada kulit. Itu diproduksi melalui proses yang disebut melanogenesis. Kadang-kadang, produksi dan distribusi melanin di kulit tidak merata sehingga pigmentasi kulit tidak merata. Krim pencerah kulit bertujuan untuk menghilangkan ini.

Mereka melakukannya dengan mengganggu produksi tirosinase. Tirosinase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk melanogenesis atau produksi melanin.

Setelah tirosinase berkurang atau dihilangkan, melanogenesis tidak dapat terjadi pada titik tertentu pada kulit (titik di mana krim dioleskan). Dengan tidak adanya melanin yang diproduksi, pigmentasi tidak terjadi.

Di atas adalah fungsi utama pencerah kulit. Namun pabrikan telah memastikannya krim pencerah kulit juga memberikan manfaat lain seperti anti penuaan dan menutrisi kulit. Hal ini memastikan bahwa bahkan setelah kulit menjadi cerah, kulit tetap awet muda dan tampak bercahaya.

Keunggulan Krim Pencerah Kulit

  • Noda kulit bisa berkurang intensitasnya atau hilang sama sekali. Saat krim mencerahkan kulit, krim juga menghilangkan berbagai bekas kulit yang disebabkan oleh distribusi melanin yang tidak merata. Beberapa noda ini termasuk bintik matahari, bintik-bintik penuaan dan bintik-bintik.
  • Anti penuaan: Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar pencerah kulit juga memiliki efek anti-penuaan. Ini membuat kulit tampak muda dan cantik.
  • Nutrisi Kulit: Kulit tetap sehat melalui berbagai bahan termasuk anti oksidan.
  • Peningkatan Keyakinan dan Harga Diri: Dengan kulit yang lebih cerah dan tampak lebih baik, seseorang pasti akan merasa lebih percaya diri. Hal ini bahkan memengaruhi interaksi sosial seseorang sehingga membuatnya lebih kaya. Dalam jangka panjang, Anda mungkin menemukan bahwa promosi yang Anda dapatkan atau hubungan baik yang Anda jalani adalah hasil dari tingkat kepercayaan yang meningkat.

Kerugian dari Krim

Selain krim pencerah kulit, mereka juga membawa kekurangannya sendiri.

  • Efek samping: Orang yang berbeda akan mengalami efek samping yang berbeda tergantung pada jenis kulit dan bahan yang terdapat dalam krim pencerah tertentu. Efek samping ini dapat berkisar dari ringan hingga sangat serius.
  • Bahaya Menggunakan Krim dengan Bahan Berbahaya: Ada bahan khusus yang dianggap berbahaya. Beberapa di antaranya termasuk hydroquinone, merkuri amoniasi, dan alkohol. Zat-zat ini dapat berdampak serius pada kesehatan tubuh.
  • Sebagian Mungkin Tidak Efektif: Kadang-kadang, krim pencerah kulit mungkin tidak bekerja pada individu tertentu sehingga seseorang harus melakukan tindakan yang lebih serius seperti pengelupasan kimiawi.
  • Mahal: Yang terbaik dan krim pencerah kulit yang paling efektif biasanya mahal. Tidak semua orang mampu membelinya. Hal ini menyebabkan beberapa orang membeli produk yang murah dan berbahaya.

Bisakah Krim Pencerah Kulit Menghilangkan Bintik, Flek Hitam, Pigmentasi di Wajah?

Ya bisa, tapi itu semua tergantung seberapa bagus krim pencerah kulit itu. Krim yang paling efektif akan menghilangkan noda ini sepenuhnya, sementara krim lain dapat mengurangi intensitasnya.

Apakah Krim Pencerah Kulit Benar-benar Efektif untuk Kulit Cerah dan Bersinar?

Ya, tetapi sekali lagi Anda harus memastikan bahwa Anda memilih krim pencerah kulit yang bagus yang telah terbukti aman dan efektif dalam mencerahkan kulit.

Pada akhirnya, bahan-bahannya adalah elemen terpenting dari krim pencerah kulit. Mereka menentukan efektivitasnya.

Krim pencerah kulit yang berbeda memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.