by

4 Manfaat Luar Biasa Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Kulit

Minyak bunga matahari yang diekstrak dari biji bunga matahari biasanya digunakan dalam memasak dan produk kosmetik sebagai pelembab. Minyak ini tidak mudah menguap dan pertama kali diproduksi secara industri di Rusia pada tahun 1835.

Bunga matahari telah terbukti efektif dalam meredakan sejumlah kondisi kulit termasuk kekeringan, jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan dini.

Efisiensinya berasal dari senyawa yang disebut beta-karoten, yang biasa ditemukan dalam buah dan sayuran.

Selain itu, minyak bunga matahari kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dan racun yang bertanggung jawab atas masalah kulit tertentu akibat kerusakan sel.

Berikut 4 manfaat minyak bunga matahari untuk kulit Anda:

1. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini biasanya terjadi pada wajah dan ditandai dengan garis-garis halus dan kerutan. Tanda-tanda ini terjadi ketika sel-sel kulit Anda rusak akibat radikal bebas dan senyawa beracun.

Penuaan dini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin E dalam jumlah sedang dari berbagai sumber makanan atau mengoleskan minyak bunga matahari langsung ke kulit Anda.

Bunga matahari mengandung senyawa yang melindungi kolagen dan elastin (jaringan ikat kulit) yang memberikan penampilan lebih muda. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat besar ini, Anda harus mengoleskan minyak bunga matahari secara teratur.

2. Melawan Jerawat

Jerawat sebagian besar disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous. Itu terjadi ketika minyak, keringat, dan kotoran lainnya tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri.

Jerawat adalah masalah umum yang menyerang bahkan orang dewasa tetapi umum terjadi pada remaja. Dengan mengoleskan bunga matahari langsung ke kulit Anda, ini akan membantu menciptakan lapisan pelindung yang penting dalam mencegah bakteri bersentuhan dengan kulit Anda dan dengan demikian mencegah infeksi jerawat.

Minyak bunga matahari juga mengandung vitamin E dan asam lemak untuk menutrisi kulit Anda sekaligus menawarkan perlindungan pada saat yang bersamaan. Untuk hasil yang optimal, oleskan bunga matahari secara rutin setelah membersihkan wajah.

3. Mencegah Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dan kondisi lingkungan merupakan penyebab sebagian besar masalah kulit yang dialami orang. Sangat disayangkan karena lingkungan mengandung radikal bebas dalam jumlah besar yang bertanggung jawab memicu beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit.

Kabar baiknya adalah dengan mengoleskan minyak bunga matahari secara rutin pada kulit Anda, Anda akan membuat lapisan pelindung untuk melindungi racun lingkungan dan sinar matahari yang berbahaya.

4. Mencegah Infeksi

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, minyak bunga matahari mengandung asam lemak esensial, termasuk omega-6, yang telah terbukti efektif dalam menghilangkan infeksi kulit seperti dermatitis dan sengatan matahari.

Selain itu, minyak ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Ini juga mengandung asam linoleat yang bekerja bersama dengan asam lemak omega-6 untuk membantu regenerasi sel.

Artinya, selain menciptakan lapisan pelindung untuk mencegah infeksi bakteri, minyak bunga matahari saat dioleskan juga membantu dalam peremajaan kulit. Penggunaan minyak bunga matahari secara teratur juga bisa membuat kulit bercahaya dan bercahaya.

5 Tips Mudah Menggunakan Minyak Bunga Matahari

Sama seperti produk kosmetik lainnya, minyak bunga matahari harus digunakan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Meskipun Anda bisa menerapkannya secara langsung, ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efeknya.

  • Pijat di kulit Anda merata: Ini adalah metode terbaik untuk menggunakan minyak bunga matahari setelah mandi air hangat. Minyak akan menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam untuk menutrisi secara efektif. Anda dapat mengoleskan minyak ini ke bagian mana pun dari tubuh Anda tanpa perlu mencucinya.
  • Jangan langsung berpakaian: Minyak bunga matahari berminyak dan dapat menempel pada pakaian di tubuh Anda jika Anda langsung berpakaian setelah dioleskan. Beri diri Anda setidaknya 20 menit untuk membiarkan minyak bunga matahari menembus ke lapisan kulit Anda yang lebih dalam sebelum berpakaian.
  • Buat lulur gula-bunga matahari: Untuk meningkatkan efek minyak bunga matahari pada kulit Anda, buat scrub dengan mencampurkannya dengan sedikit gula putih sampai Anda mendapatkan campuran kental berminyak.
  • Selalu rendam kulit Anda dengan air hangat sebelum mengaplikasikannya – Lulur gula untuk menaikkan suhu kulit Anda. Ini membantu dalam melembabkan dan melembutkan lapisan kulit kering atau mati. Oleskan scrub dengan gerakan melingkar di area tubuh yang diinginkan.
  • Ikuti instruksi label produk– Dosis minyak bunga matahari yang tepat bervariasi tergantung pada beberapa faktor termasuk usia pengguna dan kondisi kesehatan. Ingatlah bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosisnya sangat penting. Periksa petunjuk penggunaan pada label produk atau konsultasikan dengan apoteker atau penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakan.

Kesimpulan

Minyak bunga matahari adalah perawatan yang bagus untuk sejumlah masalah kulit yang dihadapi kebanyakan orang. Ini alami, aman dan efektif dalam mengatasi jerawat, dermatitis, sengatan matahari, garis-garis halus dan kerutan.

Hasil hanya akan bertahan dengan penggunaan minyak bunga matahari yang konsisten dan teratur. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak bunga matahari ke dalam pelembab biasa untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan menggunakannya setiap hari. Untuk alasan keamanan, gunakan minyak bunga matahari seperti yang diarahkan oleh mereka.