by

Apakah Mencabut Bulu Wajah Mengakibatkan Munculnya Kerutan?

Bagi sebagian pria, bulu atau rambut di wajah merupakan kebanggaan tersendiri. Banyak pria dengan bangga memakai janggut, kumis, cambang, dan banyak lagi. Gaya rambut wajah untuk pria berubah selama bertahun-tahun, seringnya rambut wajah adalah bagian dari beberapa tren.

Wanita, sebaliknya, punya sudut pandang yang berbeda kalau bulu wajah itu milik mereka sendiri.

Biasanya, sepanjang sejarah dan zaman modern, bulu wajah pada wanita dianggap tidak menarik dan dihindari. Wanita telah menggunakan banyak strategi untuk melepaskan diri dari bulu wajah yang tidak diinginkan – dari lilin madu panas di abad sebelumnya hingga proses penghilangan laser saat ini.

Namun, apa efek samping penghilangan bulu wajah pada wanita? Beberapa orang berpendapat bahwa biaya menjadi wanita tanpa bulu wajah cenderung mahal .

Proses Menghilangkan Bulu Wajah

Menghilangkan bulu di wajah memang terdengar tidak menyenangkan, bukan? Tidak seperti rambut di kaki atau di ketiak, bulu wajah tidak dapat dicukur dengan cepat dan aman. Bagi kebanyakan wanita, bulu di wajah, terutama di sekitar mulut, terlalu banyak jika dicabut dengan pinset.

Akibat kepekaan kulit di sekitar bibir, banyak proses penghilangan bulu wajah bagi wanita yang sedikit rumit. Cara yang umum dilakukan adalah:

  • Melakukan waxing kulit di sekitar bibir
  • Menggunakan kit waxing di rumah
  • Menerapkan strip perekat yang menarik bulu secara massal.
  • Produk yang dikenal sebagai depilatories, yang menggunakan bahan kimia untuk melarutkan bulu di atas permukaan kulit
  • Di perangkat lampu rumah
  • Perawatan penghilang bulu dengan laser

Masing-masing perawatan ini memiliki pro dan kontra. Penghilangan bulu dengan laser, misalnya, bisa sangat mahal tetapi dikenal efektif. Harga strip perekat cenderung sangat terjangkau tetapi harus sering digunakan karena tidak menghilangkan semua rambut dan tidak mencegah rambut baru tumbuh kembali dengan cepat.

Apa Penyebab Kerutan?

Kerutan tidak berhubungan langsung dengan rambut atau folikel rambut. Sebaliknya, keriput terbentuk melalui dua jenis proses yang merupakan bagian alami dari penuaan. Dalam satu jenis proses, kulit tidak lagi mampu menahan kelembapan sebanyak dulu. Hal ini menyebabkan kulit tidak terisi terlalu banyak, sehingga menimbulkan kerutan garis halus.

Pada jenis kerutan lainnya, riasan kulit, terutama kolagen dan elastin, rusak dan memburuk. Tanpa bahan-bahan ini yang memperkuat dan menopang kulit, strukturnya akan melemah. Bentuk keretakan, menyebabkan bagian kulit menjadi lemah dan kendur. Hal ini menyebabkan kerutan yang dalam.

Mengaitkan Kerutan dengan Penghilangan Bulu Wajah

Kecurigaan bahwa penghilangan bulu wajah terkait dengan kerutan sangat diperdebatkan karena suatu alasan. Dengan sendirinya, proses kerutan sebagai komponen penuaan alami tampaknya tidak ada hubungannya dengan hair removal.

Pada saat yang sama, banyak faktor yang dapat meningkatkan, meningkatkan, atau mempercepat proses kerutan. Asap misalnya, tidak baik bagi kulit, menyebabkan kulit rusak lebih cepat dan lebih parah. Sunburn bekerja, dengan cara yang sama, memperburuk keriput dan seringkali membuatnya muncul lebih awal.

Karena hair removal melibatkan pencabutan sesuatu dari kulit dan dengan demikian mengganggu sel-sel kulit, mudah untuk melihat mengapa beberapa orang percaya bahwa hair removal dapat menyebabkan kerutan sebelum waktunya atau parah.

Untungnya, penelitian tentang masalah tersebut umumnya tidak mendukung teori ini. Penghilangan rambut dan kerutan hanya terkait secara longgar. Meski begitu, hubungannya tergantung pada bagaimana penghilangan bulu dilakukan. Beberapa metode penghilangan bulu wajah lebih cenderung terkait dengan kerutan daripada yang lain.

Strategi Pencabutan Rambut Anti Kerut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kerutan terjadi ketika kulit rusak atau tidak dapat menyerap kelembapan dengan baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses ini. Bergantung pada jenis strategi penghilangan bulu wajah yang Anda gunakan, Anda dapat berkontribusi pada masalah penyebab kerutan ini.

Periksa risiko kerutan dari setiap metode penghilangan bulu yang umum:

1. Waxing

Saat waxing dilakukan dengan benar, wax melibatkan pemberian zat hangat pada kulit. Zat tersebut menghancurkan rambut dan, setelah dihilangkan, meninggalkan permukaan kulit yang halus dan tidak berbulu. Proses ini aman dan relatif umum. Itu tidak terkait dengan kerutan jika dilakukan dengan benar. Namun, jika lilin dibuat terlalu panas atau terdiri dari bahan yang merusak sel-sel kulit, sedikit demi sedikit dapat mempercepat penuaan kulit.

2. Perekat

Pada dasarnya, strip pita khusus, perekat yang dirancang untuk menghilangkan bulu wajah menarik rambut keluar dari dermis. Hal ini dapat menimbulkan risiko tertentu, misalnya dapat mengiritasi kulit sensitif. Kulit kering juga dapat bereaksi buruk terhadap proses tersebut, menyebabkan jerawat. Beberapa orang juga merasakan nyeri perekat. Dalam hal kerutan, perekat kemungkinan tidak akan berpengaruh apa pun kecuali digunakan pada kulit kering atau sensitif. Efeknya dalam kasus seperti itu minimal.

3. Depilatori

Terdiri dari berbagai bahan kimia, depilatori tersedia dalam bentuk krim dan produk cair lainnya. Mereka dibuat untuk melarutkan rambut secara kimiawi. Akibat larut, rambut tidak lagi ada atau terlihat. Bahan kimia dalam depilatori aman untuk kulit dan diyakini tidak menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan kerutan.

Namun berhati-hatilah. Obat perontok bulu yang dirancang untuk digunakan pada tubuh sebaiknya tidak digunakan pada wajah. Konsentrasi bahan kimia untuk tubuh terlalu kuat dan dapat mengakibatkan kerusakan sel.

4. Perawatan Laser

Pilihan yang populer namun lebih mahal untuk menghilangkan bulu wajah, perawatan laser biasanya memiliki hasil yang tahan lama. Sistemnya sangat tepat, dan dapat digunakan untuk mencerahkan rambut yang berwarna gelap atau dapat menyinari folikel rambut sampai rambut mati dan rontok.

Sangat efektif, metode penghilangan bulu di wajah ini juga sangat aman. Para ilmuwan tidak menemukan korelasi apa pun antara penghilangan bulu dengan laser dan kerutan.

Hanya untuk memastikan, saat menggunakan strategi apa pun untuk menghilangkan bulu wajah, tindak lanjuti dengan krim anti keriput sejenisnya. Ini membantu melawan penuaan alami dan juga akan menutrisi kulit setelah terganggu oleh hair removal.