by

Apa itu Kaki Atlet, Penyebabnya dan Bagaimana Mencegahnya?

Kaki Atlet disebut juga dengan Kutu Air atau Tiena Pedis adalah masalah umum dan mengganggu yang dialami oleh banyak orang.

Pada umumnya kebanyakan orang salah paham bahwa hal itu hanya terjadi pada mereka yang terlibat dalam kegiatan atletik saja.

Jadi jangan salah paham dengan namanya. Ini adalah masalah jamur nyata yang dapat menimbulkan masalah bagi semua orang dari segala jenis kelamin dan usia.

Infeksi jamur ini bisa sangat berbahaya. Hal terpenting tentang jamur adalah organisme yang berada di kulit Anda setiap saat.

Namun, untuk tumbuh dan berkembang biak, jamur membutuhkannya lingkungan yang menguntungkan. Jika terkena lingkungan yang tepat, maka ia dapat menyebar dengan sangat cepat di kaki Anda.

Apa itu Kaki Atlet?

Ini pada dasarnya adalah jamur seperti jamur yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Ini juga dijelaskan sebagai file dermatofita. Ini adalah jamur yang membutuhkan lingkungan lembab dan menariknya jamur ini bisa tumbuh di kaki.

Alasan utama di balik Kaki Atlet adalah bahwa jamur hanya bisa tumbuh dan menyebar di kaki, bukan di tempat lain di tubuh. Tetapi penting untuk memahami lingkungan terlebih dahulu sebelum menggali semua detail tentangnya.

Lingkungan yang Menguntungkan Untuk Jamur Ini

Jamur bisa tumbuh dalam kondisi lembab. Jadi, jika Anda memakai kaus kaki dan sepatu yang lembab dalam waktu lama, maka jamur bisa menjadi masalah bagi Anda.

Jamur tidak benar-benar tumbuh dalam kondisi kering dan bersih. Seperti yang dibahas sebelumnya, itu selalu tertinggal di kulit tetapi kondisi lembab hanya membantu mendorong lebih banyak dan menyebarkan kondisi Kaki Atlet.

Untuk mendiagnosis dan memahami Athlete Foot, gejala-gejala tersebut sangat penting untuk dipahami. Berikut adalah gejala yang paling sering terlihat dari masalah ini yang dapat memperburuk keadaan Anda.

Gejala Kaki Atlet

Gejala Kaki Atlet

Gejala Kaki Atlet sangat umum dan dapat dengan mudah dikenali. Berikut adalah gejala Kaki Atlet yang paling umum.

  • Gatal
  • Mengelupas
  • Rasa panas seperti terbakar
  • Kekeringan pada kulit
  • Ruam Merah
  • Bau busuk
  • Kaki sensitif

Ini adalah gejala utama yang terlihat pada tahap awal Kaki Atlet. Namun, jika Anda tidak dapat mendiagnosisnya pada tahap awal, maka gejalanya justru menjadi ancaman yang lebih besar dan menimbulkan risiko yang lebih tinggi.

Berikut adalah yang biasa terlihat gejala dari Kaki Atlet di tahap selanjutnya.

  • Kekeringan pada kaki yang berlebihan
  • Retak Kaki dengan jumlah yang cukup banyak
  • Kulit kaki mengelupas
  • Lepuh Gatal
  • Kaki Berubah Warna
  • Kuku compang-camping dan hancur
  • Korosi di antara jari-jari

Beda dengan Onikomikosis

Ada infeksi jamur yang sangat mirip yang dikenal sebagai Onikomikosis. Namun hal ini terkait dengan infeksi pada kuku dan sebagian besar terlepas dari bantalan kuku. Seseorang harus membedakan perbedaan antara kedua infeksi jamur tersebut.

Meski infeksi jamur tidak mengerikan tapi ya pengobatannya sangat penting. Jika Kaki Atlet tidak diperhatikan, maka itu bisa menjadi ancaman yang lebih besar. Ini menyebabkan infeksi jamur kronis lainnya, dan itu bisa sangat kompleks.

Pilihan Perawatan untuk Kaki Atlet

Sejauh menyangkut perawatan Kaki Atlet, ada banyak pengobatan yang tersedia. Ada banyak terapi alami juga yang dapat memanggil jamur.

Fish Spa adalah salah satu terapi alami paling umum untuk memeriksa jamur. Ada banyak perawatan counter untuk Athlete Foot yang tersedia. Krim, Semprotan atau Bedak adalah perawatan yang paling umum.

Namun, jika tingkat keparahan dan tingkat keseriusan sangat tinggi, Anda harus mengunjungi dokter spesialis untuk hal yang sama.

Pencegahan Kaki Atlet

Ada pepatah lama mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Nah, itu benar dalam setiap aspek kasus masalah ini. Ada beberapa hal yang harus diingat untuk menjaga agar jamur tetap terkendali.

  • Selalu gunakan sepatu dan kaus kaki kering. Penting untuk menggunakan produk kapas juga untuk menjaga jamur tetap terkendali.
  • Tidak ada yang lebih baik daripada menggunakan produk alami. Bahan kimia hanya dapat menurunkan situasi dan mengundang serangan jamur.
  • Ventilasi diperlukan saat Anda memakai sepatu. Sepatu ringan biasanya paling cocok untuk ini.
  • Pastikan Anda merawat kaki Anda dengan benar. Tidak ada salahnya pedikur agar tetap terhindar dari jamur.
  • Selalu disarankan untuk tidak berbagi barang seperti kaus kaki, sepatu atau handuk. Ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada kaki Anda. Masalah ini bukan tentang kaki atlet lagi, tetapi dapat mengundang lebih banyak masalah lainnya.

Kesimpulan

Kaki Atlet adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi akibat serangan jamur. Namun, pengetahuan dan informasi yang tepat dapat menyelamatkan Anda dari efek buruknya.