by

Apa Manfaat Menggunakan Produk Perawatan Kulit Bebas Paraben?

Apa itu Paraben?

Paraben adalah bentuk pengawet yang sangat umum digunakan dalam kosmetik. Ini adalah rangkaian para-hydroxybenzoate (sejenis bahan kimia). Paraben biasanya ditemukan dalam pasta gigi, sampo, krim anti penuaan, krim jerawat, dan banyak lagi.

Ini adalah pengawet yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur. Membantu memperpanjang umur produk, dan mencegah pelanggan dari potensi kerusakan.

Sekitar 90% produk di toko bahan makanan mengandung paraben dalam jumlah yang signifikan. Beberapa bentuk paraben yang lebih umum digunakan dalam produk kimia adalah butylparaben, ethylparaben, propylparaben, dan methylparaben.

Methylparaben dikenal sebagai agen antijamur; Ethylparaben dan butylparaben dikenal karena sifat anti-mikroba dan anti-penuaannya. Ethylparaben juga merupakan agen antimikroba, yang digunakan dalam minuman beralkohol.

Infografi Paraben

Mengapa Produsen Memilih Produk Perawatan Kulit Bebas Paraben?

Karena banyaknya efek paraben yang berbahaya, banyak produsen kosmetik akhir-akhir ini mengklasifikasikan produk mereka sebagai “bebas paraben”. Baru-baru ini, seorang peneliti Inggris menemukan hubungan antara paraben dan kanker payudara.

Paraben juga dapat menurunkan jumlah sperma di antara pria. Berbagai efek samping seperti reaksi alergi, dermatitis, dan rosacea telah dilaporkan pada kosmetik yang menggunakan paraben.

Ada sebagian orang yang mendiskusikan tingkat kesehatan dengan takaran paraben tertentu sementara yang lain ingin menghindarinya sama sekali. Beberapa percaya bahwa hingga 25% paraben yang digunakan dalam bahan-bahan tersebut masih tergolong aman digunakan.

Proses Kerja dan Bahan-bahan yang Ditemukan Dalam Produk Bebas Paraben

Produsen memanfaatkan berbagai alternatif alami untuk paraben yang mampu menawarkan manfaat lebih besar. Beberapa bahan terbaik yang ditemukan dalam produk bebas paraben adalah:

1. Ekstrak biji jeruk bali

Bahan ini adalah salah satu pengganti paraben paling populer yang digunakan oleh produsen dengan sifat anti-mikroba serupa.

2. Minyak, vitamin dan herbal

Ada beberapa minyak alami, vitamin, dan herbal dengan khasiat pengawet. Namun, itu tidak bertahan lama, dan harus segera digunakan.

3. Natrium benzoat

Ditemukan secara alami dalam buah dan akar, bahan ini merupakan alternatif bebas risiko dari paraben.

4. Minyak kaktus pir berduri

Ini adalah alternatif baru untuk paraben dengan konsentrasi Vitamin E yang tinggi.

Manfaat menggunakan produk perawatan kulit bebas paraben

Karena ada banyak efek berbahaya dari paraben, menghilangkan paraben dari komposisi pasti menambah banyak manfaat bagi produk. Berikut beberapa manfaat menggunakan produk perawatan kulit bebas paraben.

1. Mengurangi resiko kanker

Paraben adalah alasan di balik masuknya hormon estrogen dalam tubuh manusia. Hormon mirip estrogen ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan sensitif pada kelenjar endokrin, yang dapat menyebabkan kanker dan berbagai komplikasi lainnya.

2. Mengurangi resiko komplikasi reproduksi

Ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara jumlah sperma rendah, cacat lahir, dan paraben. Menghindarinya akan membuat Anda aman dari bahaya tersebut.

3. Mengurangi risiko pubertas dini

Efek xenoestrogenik paraben dapat menyebabkan pubertas dini.

4. Menangkal efek samping negatif

Ada beberapa efek samping yang dilaporkan akibat paparan paraben seperti dermatitis dan rosacea.

5. Meningkatkan anti penuaan

Lebih banyak manfaat anti-penuaan dapat diperoleh dengan menggunakan produk perawatan kulit bebas paraben.

6. Kesehatan rambut

Sampo yang mengandung paraben dapat menyebabkan rambut rapuh, kering, dan kusut.

Apa Sajakah Produk Bebas Paraben Terbaik?

Makeup

1. Mun Beauty: Produk ini dikembangkan dengan tujuan menggabungkan kecantikan, esensi, dan kesehatan. Hanya bahan yang digunakan dalam produk ini yang diekstrak dari tumbuhan. Pabrik-pabrik ini bersumber dari koperasi milik perempuan setempat.

2. Ilia Tinted Lip Color: Pewarna bibir organik dan klasik. Produk ini menutrisi bibir Anda seperti pelembab bibir dan tetap berada di bibir Anda seperti lipstik bening.

3. Tarte Lifted Sweatproof Mascara: Ini adalah produk nabati yang telah diuji oleh dokter kulit dan dokter mata.

Krim anti penuaan dan keriput

1. MAHALO Skincare: Ini adalah perawatan kulit organik Hawaii kualitas premium.

2. Odacite: Produk ini dibuat dengan bahan-bahan segar, yang membuatnya kuat dan efektif.

3. May Lindstrom Skin: Ini adalah produk perawatan kulit mewah yang diformulasikan dengan bahan alami berkualitas tinggi.

Sampo dan kondisioner

1. John Master’s Organic: Formula universal ini menggunakan bahan-bahan seperti teh putih, evening primrose, chamomile, dan minyak jojoba. Meningkatkan kelembapan dan kekuatan pada rambut Anda.

2. Weleda: Produk ini terbuat dari campuran daun sage, ekstrak oat dan minyak jojoba. Semua bahan ini bekerja sama untuk merevitalisasi, melembutkan, dan memperkuat rambut Anda.

3. Dr. Bronners: Produk ini menggunakan dasar sabun Kastilia, dan juga termasuk jus anggur dan Shikakai dalam bentuk gula organik.

Kesimpulan

Setelah mengetahui efek berbahaya paraben, sebaiknya Anda cukup pintar menggunakan produk perawatan kulit bebas paraben. Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan menggunakan produk yang bebas paraben dapat melindungi Anda dari berbagai risiko kesehatan. Risiko penggunaan paraben jauh lebih banyak daripada manfaat menggunakan produk dengan paraben.

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari produk yang mengandung paraben di rumah Anda. Jika Anda melihat paraben pada bahan-bahannya, buang saja produk tersebut.