by

Facelift – 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Operasi ini

Apa itu Operasi Facelift?

Operasi Facelift wajah yang disebut juga sebagai rhytidectomy adalah praktik umum dalam industri kecantikan dimana kulit wajah yang kendur ditarik ke titik tertentu untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang – dengan kata lain menyetel ulang wajah Anda.

Tujuan dari prosedur ini adalah untuk mengurangi elastisitas kulit pada bagian wajah yang secara alami mengendur seiring bertambahnya usia atau kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Ini biasanya dilakukan pada rahang dan kulit leher.

Lantas, mengapa begitu banyak orang yang melakukan facelift? Dan apa gunanya?

Artikel ini memandu Anda melalui proses facelift atau tarik wajah, untuk memberi Anda informasi yang Anda butuhkan, apakah Anda serius mempertimbangkan prosedurnya, atau sekadar ingin tahu.

Mengapa Melakukan Operasi Facelift?

Tujuan umum dari sekian banyak orang yang mengambil keputusan untuk melakukan facelift adalah membuat diri mereka tampak lebih muda. Facelift biasanya bertahan sekitar satu dekade, dan banyak yang bersikeras itu membuat mereka terlihat setidaknya satu dekade lebih muda.

Bagi banyak orang, ini adalah cara untuk mempertahankan tahun-tahun terbaiknya dan menjaga atau meningkatkan rasa percaya diri serta mempertahankan kebanggaan atas penampilan Anda.

Pengencangan wajah adalah salah satu cara terbaik untuk membuat diri Anda terlihat segar dan lebih muda dan tidak terlihat seperti telah melakukan pekerjaan yang berlebihan.

BACA JUGA  Nadinola Skin Discoloration Fade Cream - Efektif atau Tidak?

Bagaimana Dengan Filler Wajah atau Botox?

Filler wajah dan Botox telah dikritik dalam beberapa tahun terakhir karena hasilnya tidak sempurna dan terlihat palsu, serta berdampak buruk pada kesehatan. Sebaliknya, facelift memberikan efek yang jauh lebih alami dan tidak terlalu dramatis atau tidak terlihat dipaksakan pada wajah Anda.

Pada umumnya Botox hanya dapat berlangsung 3-6 bulan, jadi Anda juga harus melakukan perawatan rutin, tidak seperti facelift.

Sedangkan untuk pengisi atau Filler, tergantung pada jenis Filler yang Anda dapatkan. Tipikal filler dermal cenderung bertahan sampai 6-12 bulan terakhir, tapi ada beberapa yang bisa bertahan 2-5 tahun.

Filler wajah jelas memiliki umur yang lebih lama daripada Botox, tetapi jauh lebih pendek daripada Facelift. Jika Anda melihatnya dari sudut pandang biaya, perawatan rutin pada proses filler dan botox pada akhirnya akan menambah pengeluaran Anda lebih dari yang Anda duga.

Pastikan Ekspektasi Anda Realistis

Penting bahwa sebelum Anda benar-benar menyelesaikan prosedur, Anda harus memikirkan ekspektasi Anda. Ada ekspektasi yang realistis dan ada yang tidak realistis.

Ya, Anda akan melihat perbedaan pada wajah Anda, dan Anda pasti terlihat lebih muda, tetapi itu tidak selalu menjadi solusi untuk kurangnya kepercayaan diri. Anggap saja sebagai pendorong kepercayaan diri Anda, bukan solusi.

Selain itu, penting untuk dipahami bahwa walaupun pengencangan wajah dapat memberikan hasil yang cukup drastis dan indah, tindakan ini tidak dapat mengubah hal-hal seperti struktur tulang dan tulang rawan Anda. Menyadari hal ini akan membantu memastikan ekspektasi Anda realistis.

Seringkali orang melakukan ini dengan mindset bahwa mereka ingin terlihat seperti selebriti, model, atau bintang tertentu, dan faktanya adalah bahwa setiap wajah itu unik sehingga tidak mungkin untuk mendapatkan tampilan “persis” orang lain. Anda akan terlihat berbeda setelah pengencangan wajah, tetapi itu akan menjadi hasil unik Anda sendiri. Intinya tidak akan sama dengan orang lain.

BACA JUGA  Pure Gold Collagen Menutrisi Kulit dari Dalam dan Luar - Benarkah Begitu?

Bagaimana Dengan Seluk Beluk Operasi Facelift?

Untuk menghindari masalah kedepannya, carilah praktik profesional seperti SpaMedica, dengan pengalaman bertahun-tahun, yang menawarkan prosedur yang disampaikan secara profesional dan nasihat bagus bagi mereka yang tertarik.

Ada berbagai jenis facelift, tetapi biasanya dokter akan membuat sayatan kecil di sekitar wajah, tergantung apa yang ‘diangkat’. Di sekitar pelipis, di bawah dagu, di belakang telinga, dan di bawah daun telinga adalah area khas dan tidak berbahaya yang dapat dipotong.

Dari sana, kulit yang berlebih dihilangkan, dan kulit yang tersisa ditarik ke belakang dan ke atas serta ditempelkan ke area sayatan asli. Terakhir, wajah dibalut perban untuk mengurangi pembengkakan, dan pasien dirawat semalaman.

Secara umum, pengencangan wajah akan dilakukan pada dua pertiga bagian bawah wajah Anda dan terkadang leher Anda – tergantung pada ekspektasi Anda, kulit, dan sebagainya.

Seperti Apa Pemulihannya?

Pemulihan selalu tergantung pada individu, tetapi rentang waktu rata-rata untuk pemulihan total adalah antara dua dan empat minggu. Jika Anda bekerja penuh waktu, Anda perlu mengambil cuti.

Peringatan – akan ada memar hebat selama beberapa minggu pertama! Ini bersifat sementara, dan jahitan biasanya dilepas setelah seminggu. Anda harus mengangkat kepala selama beberapa hari pertama untuk mengurangi pembengkakan, jangan terlalu banyak bergerak, dan usahakan agar perban tidak basah. Penjelasan mendalam tentang pemulihan dapat ditemukan sini (sumber dalam bahasa Inggris).

BACA JUGA  Dr. Nick Lowe Skin Solutions - Efektif atau Tidak?

Sama seperti operasi lainnya, ada beberapa risiko yang dapat terjadi, tetapi ini akan dibahas sebelumnya oleh dokter. Mereka juga akan memastikan Anda mengetahui apa yang harus dihindari dan apa yang harus dipantau selama proses penyembuhan Anda.

Dalam hal seberapa cepat Anda akan melihat hasil dari prosedur; yang sebenarnya membutuhkan waktu beberapa bulan. Semua pembengkakan akan berkurang, yang mana ini membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar hilang. Pada titik itu, Anda akan mendapatkan gambaran yang sebenarnya tentang hasil akhir.

Cara Memperpanjang Masa Facelift

Setiap orang itu unik dan hasilnya tentu saja akan berbeda-beda, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperpanjang masa facelift Anda.

Yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda memakai pelindung matahari SPF yang memadai. Langkah ekstra seperti memakai topi saat berada di bawah sinar matahari. Ini tidak hanya memperpanjang hasil facelift Anda, tetapi juga membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda membiasakan rezim perawatan kulit yang baik yang mencakup pelembab wajah berkualitas tinggi. Anda ingin menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Pola makan sehat yang seimbang juga akan memberikan hasil yang lebih baik.

Semoga artikel ini memberi manfaat terutama bagi Anda yang berencana untuk melakukan Facelift atau hanya sekedar mencari informasi saja.