by

Bingung Mau Beli Printer Yang Mana? Inilah 10 jenis Printer Yang Wajib Anda Ketahui

Membeli printer baru memang terkadang bisa bikin kita kebingungan, terutama karena model baru selalu saja dirilis silih berganti. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memilih jenis dan model yang tepat sambil membayar dengan harga yang tepat.

Untuk memilih printer yang tepat, pertama-tama pikirkan kebutuhan Anda sehari-harinya, dan apakah Anda ingin printer Anda mampu melakukan pekerjaan cetak yang khusus. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk kartrid tinta dan persediaannya secara teratur.

Misalnya, biaya printer monokrom bisa minimal, tetapi jika Anda mendapatkan perangkat A3, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membuat proyek cetak yang besar. Biaya keseluruhan juga dapat bergantung pada jenis tinta yang akan digunakan printer baru Anda dan berapa banyak cetakan yang Anda rencanakan untuk diproduksi.

Printer inkjet mungkin tampak seperti ide yang bagus untuk bisnis Anda sampai nantinya Anda memiliki kantor yang perlu mencetak laporan dengan kartrid warna yang mahal. Namun, untuk kantor di rumah, tentunya Anda tidak ingin printer yang menghabiskan banyak tempat atau ruang disaat Anda hanya butuh mencetak beberapa halaman saja dalam sehari.

Tidak semua printer memiliki semua fungsi seperti yang Anda inginkan, itulah sebabnya penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra masing-masing sebelum Anda membuat keputusan.

Dengan semua pemikiran ini, Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda, mempertimbangkan hal-hal seperti, apakah Anda memiliki bisnis atau tidak dan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk menjaga printer Anda tetap berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa jenis printer utama yang saat ini tersedia di pasaran.

Printer Inkjet

Di sebagian besar rumah, Anda cenderung melihat printer inkjet. Jenis printer ini telah menjadi bahan pokok selama bertahun-tahun, dan biasanya tersedia dalam beberapa jenis tergantung kebutuhan Anda.

Sebagian besar memang relatif cukup murah, meskipun terus-menerus mengganti kartrid printer bisa lebih mahal jika printer Anda tidak dirancang dengan baik. Ada beberapa jenis printer inkjet yang biasanya dibeli sebagai printer untuk penggunaan di rumah tetapi juga untuk penggunaan bisnis kecil.

Printer All-in-one atau Multifungsi

Printer All-in-One terbaik untuk penggunaan di rumah cenderung menjadi printer inkjet “all-in-one” atau multifungsi. Berapa biayanya, tindakan apa yang mereka lakukan, dan ukurannya semua bervariasi, yang memberi Anda banyak pilihan.

Biaya dimuka mungkin minimal, tetapi Anda dapat membayar lebih banyak seiring waktu jika Anda perlu sering mengganti tinta.

Fitur:

  • Kemampuan mencetak, memindai, dan menyalin
  • Memerlukan penggantian kartrid tinta
  • Bisa di print hitam putih atau berwarna

Opsi yang direkomendasikan:

Printer all-in-one HP OfficeJet Pro 8710 menawarkan semua fungsi-fungsi dasar yang Anda butuhkan untuk kantor rumah Anda sekaligus dapat menghemat biaya tinta. Jika Anda membutuhkan warna berkualitas, HP OfficeJet Pro adalah alternatif yang bagus untuk opsi laser dan memberikan hasil cetak yang bagus tanpa biaya mahal. Ini juga mencakup opsi untuk mengirim faks dan menawarkan fitur keamanan untuk koneksi yang dilindungi dengan jaringan WiFi lokal Anda.

Fitur tambahan:

  • Layar sentuh
  • Aplikasi yang dimuat sebelumnya untuk membantu pemindaian
  • Pencetakan seluler

Printer Inkjet Foto

Anda dapat menggunakan printer multifungsi untuk mencetak foto, tetapi para profesional mungkin menginginkan mesin yang mampu melakukan lebih dari itu.

Printer inkjet foto dirancang untuk membuat gambar menonjol sekaligus menawarkan kesempatan untuk mencetak dengan ukuran cetak yang berbeda. Printer ini biasanya sedikit lebih mahal daripada opsi inkjet biasa karena jenis tinta yang mereka gunakan dan fakta bahwa printer tersebut biasanya berbasis pewarna dan pigmen.

Fitur:

  • Digunakan oleh fotografer
  • Mencetak, memindai, dan menyalin
  • Menggunakan 6 sampai 12 kartrid tinta

Opsi yang direkomendasikan:

Untuk semua fitur printer multifungsi dengan kemampuan pencetakan foto tambahan, printer foto HP ENVY 7855 all-in one menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dengan gambar bergaya profesional.

Pencetakan seluler juga merupakan pilihan, memudahkan pengguna rumahan dan pemilik bisnis untuk mendapatkan hasil maksimal dari gambar mereka dari lokasi mana pun.

Fitur tambahan:

  • Cetak dari email dan halaman web
  • Menyalin dan memindai
  • Kompatibel dengan HP Instant Ink

Printer Inkjet Fungsi Tunggal

Untuk fungsi pencetakan paling dasar, printer fungsi tunggal dapat melakukan pekerjaan itu.

Printer jenis ini mudah dioperasikan dan dapat menjadi tambahan yang bagus untuk rumah atau kantor kecil tempat dokumen yang besar perlu dicetak secara efisien.

Soal harga biasanya juga cukup terjangkau, tetapi printer ini dapat menggunakan banyak tinta tergantung pada apa yang Anda cetak secara teratur.

Fitur:

  • Pencetakan hitam-putih dan berwarna
  • Mudah digunakan
  • Bisa mencetak gambar tergantung modelnya

Opsi yang direkomendasikan:

Printer all-in-one HP OfficeJet Pro 8210 memberikan kesederhanaan dan daya yang cukup untuk lima pengguna. Untuk semua kebutuhan pencetakan dasar Anda, ini cocok untuk penggunaan di rumah dan pencetakan seluler saat menggunakan koneksi WiFi Anda.

Printer ini juga dapat membantu kantor Anda menghemat tinta saat mencetak yang terntunya dapat membantu Anda menghemat uang karena menggunakan tinta 50% lebih sedikit daripada beberapa printer lain di pasaran.

Fitur tambahan:

  • Menampilkan keypad untuk kemudahan input
  • Satu driver umum untuk banyak pengguna
  • Cetak dari smartphone atau tablet Anda

Printer laser

Printer laser biasanya disediakan untuk pengaturan kantor dan lingkungan serupa yang bergantung pada pencetakan dokumen teks dalam jumlah besar.

Dalam hal ukuran, Anda dapat menemukan opsi yang lebih besar dan lebih kecil tergantung pada jenis pekerjaan cetak yang diperlukan. Harganya awalnya sedikit lebih mahal daripada printer inkjet, tetapi jenis printer ini sudah  dioptimalkan untuk mencetak kertas dalam jumlah besar, sehingga harga toner biasanya terjangkau.

Printer Laser Warna

Bagi mereka yang ingin membuat presentasi mereka menonjol dengan warna yang bagus, printer laser adalah pilihan yang baik. Ini bisa sangat berguna jika Anda memiliki grafik atau ilustrasi pada dokumen Anda dan Anda ingin mereka terlihat terbaik. Menggunakan printer laser warna juga bisa menghemat uang karena Anda hanya perlu mengganti empat kartrid saja.

Meskipun printer ini dapat membuat dokumen tampak keren dan hebat, Anda mungkin lebih baik mempertimbangkan untuk memilih printer foto jika Anda ingin mencetak foto atau apapun dengan hasil variasi warna yang halus.

Fitur:

  • Hanya empat kartrid untuk diganti
  • Bagus untuk bisnis kecil
  • Ribuan cetakan tanpa penggantian toner

Opsi yang direkomendasikan:

Samsung telah menciptakan lini printer bisnis yang sangat cocok untuk hal ini dan dapat dibeli dengan harga awal yang wajar. Printer laser Samsung ProExpress M3820DW bekerja dengan baik untuk membantu kantor Anda menghemat toner dengan pengoptimalannya yang ramah lingkungan.

Ini juga mencakup tingkat keamanan lain sehingga hanya mereka yang membutuhkannya yang dapat memiliki akses ke dokumen dalam antrian pencetakan. Ini memiliki beberapa opsi pemformatan untuk laporan dan presentasi juga.

Fitur tambahan:

  • Opsi pencetakan kecepatan tinggi
  • Keamanan tambahan
  • Fitur ramah lingkungan untuk menghemat biaya pencetakan

Printer Laser Monokrom

Printer laser monokrom saat ini menjadi terasa asing ditelinga karena perangkat warna semakin terjangkau dan mampu mencetak dengan kecepatan lebih tinggi.

Namun, jika Anda berencana untuk mencetak file besar atau banyak dan Anda membutuhkannya dengan cepat, printer monokrom melakukan tugas tersebut dengan baik. Ini termasuk printer laser Samsung Xpress SL bersertifikasi ENERGY STAR®, yang menggabungkan efisiensi dan pencetakan berkualitas tinggi.

Printer ini hanya mencetak hitam putih, jadi Anda hanya memiliki satu kartrid untuk diganti. Faktor tersebut menjadikannya pilihan yang tepat jika Anda ingin mengurangi biaya pencetakan.

Fitur:

  • Satu kartrid toner
  • Kartrid yang kompatibel dengan LD dapat menghemat biaya
  • Bagus untuk bisnis

Jenis Printer Lainnya

Printer inkjet dan laser adalah printer yang paling umum digunakan, tetapi ada opsi lain yang ideal bagi mereka yang bekerja dengan proyek khusus atau perlu mencetak dengan warna ekstra cerah.

Mungkin akan sedikit lebih sulit menemukan printer ini di toko tertentu karena tidak banyak digunakan, tetapi printer ini dapat memberi Anda hasil cetak yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Printer Tinta Padat (Solid Ink)

Menggunakan teknologi baru, printer tinta padat menggunakan tinta yang terbuat dari minyak nabati tidak beracun untuk menghasilkan cetakan berkualitas dengan dampak buruk yang lebih kecil terhadap lingkungan. Di dalam printer, batang tinta meleleh sesuai dengan pekerjaan cetak yang dikenali.

Karena ini dilakukan sesuai permintaan, hasilnya memberikan warna yang sangat cerah dan dokumen yang tampak bagus. Banyak juga yang kecil dan portabel. Di sisi lain, pekerjaan cetak yang sudah selesai tidak dapat dilaminasi, dan mungkin perlu beberapa saat agar mesin menjadi hangat.

Fitur:

  • Ramah lingkungan
  • Warna cerah
  • Desain kompak

Printer LED

Seperti printer laser, printer LED sangat andal dan dapat membantu bisnis Anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mereka menggunakan teknologi pemancar cahaya, membuatnya murah untuk diproduksi. Mereka juga membutuhkan biaya perawatan yang sangat sedikit. Sayangnya, sangat sedikit perusahaan yang memproduksinya, sehingga sulit untuk diperbaiki atau diganti spare-partnya jika ada yang rusak.

Fitur:

  • Mencetak dengan kecepatan tinggi
  • Biasanya termasuk perpanjangan garansi
  • Ramah lingkungan

Printer Dot Matrix

Anda tidak akan menemukan banyak printer dot matrix di pasaran saat ini, tetapi printer ini dapat sangat berguna jika Anda ingin menekan biaya seminimal mungkin.

Sesuai namanya, printer ini menggunakan titik-titik untuk mencetak gambar atau teks. Kartrid tidak mahal, dan jenis printer ini dapat digunakan di berbagai lingkungan kerja karena keserbagunaannya.

Fitur:

  • Biaya awal yang rendah
  • Biaya perawatan yang rendah
  • Dapat mencetak di hampir semua kondisi

Printer 3D

Sebagai tren terbaru di pasar, pencetakan 3D telah membuka pintu baru bagi para antusias di rumah dan bisnis. Mempelajari cara kerja pencetakan 3D itu mudah. Dengan printer 3D, imajinasi Anda adalah batasnya selama Anda memiliki bahan dan anggaran.

Mungkin mahal untuk melakukan pencetakan 3D sekarang, tetapi seiring waktu diharapkan menjadi lebih terjangkau.

Fitur:

  • Teknologi terbaru
  • Dapat mencetak apapun tanpa batasan
  • Berguna untuk rumah dan bisnis

Printer A3

Sebagai pebisnis, Anda mungkin perlu menyediakan opsi pencetakan di luar opsi standar saja. Printer A3 bisa sangat berharga jika Anda berencana menggunakan ukuran kertas yang tidak sesuai dengan printer inkjet atau printer laser Anda. Ini juga dapat berguna jika Anda berencana membuat proyek atau fotografi skala besar dan ingin melakukannya sendiri tanpa harus terlibat dengan jasa percetakan.

Printer ini mahal, dan Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki ruangan yang dibutuhkan untuk menampung teknologi besar ini.

Fitur:

  • Mencetak presentasi atau dokumen berukuran besar
  • Memakan banyak ruang
  • Biaya awal yang tinggi

Kesimpulan

Menemukan printer yang tepat memang menjadi sebuah tantangan, apalagi jika Anda memiliki berbagai proyek yang perlu Anda selesaikan. Untungnya, masih ada ruang untuk inovasi dalam hal ini, dan model printer baru terus diperbarui dan ditingkatkan baik dari segi performa maupun fitur-fitur terbaru.

Sebelum Anda membeli printer, pastikan printer tersebut memiliki fungsi yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pencetakan dan dengan harga yang terjangkau. Printer yang tepat akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien tanpa mengeluarkan biaya lebih dari yang diperlukan .