by

Mau Memutihkan dan Mencerahkan Kulit? Ini 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Terlebih Dahulu

Mencerahkan kulit adalah proses mengubah corak warna kulit dan menjadikannya lebih terang. Mencerahkan kulit juga dilakukan untuk menghilangkan berbagai noda kulit seperti bintik matahari dan bintik penuaan. Produk pencerah kulit bertujuan menjadikan warna kulit jadi seragam dan merata sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Bagaimana Cara Mencerahkan Memutihkan Kulit Secara Alami?

Mencerahkan kulit adalah proses yang menjadi perbincangan kontroversial selama bertahun-tahun. Kontroversi ini berasal dari banyak efek samping yang cukup serius dari dari berbagai macam produk yang digunakan di pasaran.

Produk-produk ini, yang biasanya dijual secara komersial, ada yang yang efektif dalam memutihkan kulit tetapi ada juga memiliki konsekuensi yang berbahaya.

Untuk alasan ini, banyak orang lebih memilih produk pencerah kulit yang berbahan dasar alami. Produk-produk ini jauh lebih baik tidak berbahaya dan hasil akhirnya masih tercapai.

Pencerah kulit alami dilakukan dengan menggunakan sejumlah produk alami. Beberapa produk yang paling sering digunakan adalah:

  • Lemon – Jus lemon adalah pemutih kulit alami dan efektif. Saat dicampur dengan susu, dapat dengan aman mencerahkan warna kulit. Selain itu, dapat digunakan sesering yang diinginkan tanpa khawatir efek samping negatif.
  • Kamomil (Chamomile) – Kamomil adalah pemutih kulit alami lainnya. Saat disiapkan, dicampur dengan air mendidih, air mawar dan madu.
  • Oatmeal dicampur dengan jus tomat.
  • Campuran putih telur dan jus lemon.
BACA JUGA  Facelift - 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Operasi ini

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa produk pemutih kulit alami dapat kita temukan dengan mudah di dapur. Bahan-bahannya mudah disiapkan dan penerapannya juga tidak rumit sama sekali.

Pencerah Kulit yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit? Tidak Ada

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda tergantung pada tekstur, kandungan minyak, dan kapasitas kelembapan. Jenis kulit normal, yang paling umum, cukup seimbang dalam hal konsentrasi minyak dan kelembapan.

Jenis kulit berminyak cenderung memiliki kadar minyak yang tinggi sedangkan jenis kulit kering memiliki kadar kelembapan yang rendah. Jenis kulit kombinasi merupakan gabungan antara karakteristik jenis kulit kering dan berminyak, jenis ini bisa dihasilkan dari faktor genetik atau faktor perubahan cuaca.

Tidak semua jenis kulit bisa menggunakan produk pencerah kulit yang sama. Menemukan produk yang cocok untuk jenis kulit Anda adalah hal pertama yang wajib dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan aman.

Jenis kulit normal adalah yang terbaik dalam memilih produk pencerah kulit. Jenis kulit ini dapat menahan berbagai macam pemutih tanpa mengalami efek samping yang serius.

Jenis kulit berminyak membutuhkan produk yang tidak mengandung bahan pelembab berlebihan. Pemutih kulit yang ideal untuk jenis kulit ini tentunya yang memiliki kandungan pengering di dalamnya.

Hal sebaliknya berlaku untuk jenis kulit kering. Jenis kulit ini membutuhkan pencerah kulit yang sedikit berminyak dan memiliki kandungan bahan pelembab didalamnya. Jenis kulit kombinasi/campuran membutuhkan keseimbangan antara bahan pengering dan pelembab.

BACA JUGA  Review Velvet Skin Brightening Su Man - Efektif atau Tidak?

Jenis Perawatan Mencerahkan Memutihkan Kulit

Perawatan mencerahkan kulit terdiri dari tiga jenis. Ada perawatan yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan produk alami sederhana, ada perawatan yang menggunakan produk pencerah kulit komersial dan ada pula perawatan prosedur medis yang hanya boleh dilakukan oleh ahli medis yang berkualifikasi di klinik kecantikan atau di rumah sakit.

Perawatan mencerahkan kulit di rumah yaitu dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti susu, pepaya, jus lemon, dan putih telur. Bahan-bahan ini alami dan sebagian besar tidak berbahaya. Karena sifat aman dari perawatan rumahan, banyak orang disarankan untuk mencoba cara ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke perawatan yang lebih intensif seperti perawatan mencerahkan kulit di klinik kecantikan.

Produk komersial juga digunakan dalam perawatan kulit. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan kimia dan komponen yang telah dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Produk komersial lebih mahal, lebih efektif dan lebih berisiko untuk digunakan. Mereka dapat ditemukan di apotek dan toko klinik kecantikan.

Metode terakhir perawatan mencerahkan kulit adalah pergi ke dokter kulit di klinik spesialis kulit atau kecantikan. Seorang dokter kulit akan melakukan berbagai prosedur medis seperti pengelupasan kimiawi, pelapisan ulang laser (Laser Resurfacing), dan dermabrasi untuk menghilangkan lapisan kulit atas agar memungkinkan tumbuhnya lapisan kulit yang baru.

Untuk mencerahkan warna kulit, Anda bisa mencoba Skincerity misalnya, untuk mengatasi perubahan warna kulit.

Risiko Perawatan Mencerahkan Kulit

Sama seperti yang lainnya, ada efek positif dan negatif dari proses pencerahan kulit. Proses pemutihan kulit ini sudah sejak lama menjadi kontroversi di bidang medis. Hal ini dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker kulit dan kondisi kesehatan lainnya.

BACA JUGA  Dr. Nick Lowe Skin Solutions - Efektif atau Tidak?

Di bawah ini adalah beberapa risiko paling terkenal yang terkait dengan perawatan mencerahkan kulit.

  • Kanker: Bergantung pada jenis produk pencerah kulit yang digunakan, tentunya ada berbagai jenis kanker yang terpapar oleh tubuh. Produk yang mengandung komponen seperti hydroquinone, mercury dan arsenic dapat menyebabkan kanker paru-paru, hati atau kerutan & kanker kulit.
  • Kerusakan otak untuk produk yang mengandung merkuri. Faktanya, produk ini telah dilarang di banyak negara karena efek kesehatannya yang sangat merugikan dan berbahaya.
  • Penuaan kulit dini akibat penggunaan pemutih kulit yang berkepanjangan.
  • Untuk produk yang mengandung steroid, terdapat bahaya infeksi kulit, jerawat, penipisan kulit, dan penyembuhan luka yang buruk.
  • Perubahan warna kulit yang tidak diinginkan akibat penggunaan hydroquinone. Perubahan warna ini biasanya sangat sulit dihilangkan.
  • Reaksi alergi.

Krim Pemutih Kulit Alami Terbaik

Tidak akan pernah ada yang namanya krim pemutih kulit alami ‘terbaik‘ didunia ini karena “satu di antaranya pasti ada yang lebih baik dari yang lain”.

Maka, krim pemutih kulit yang masuk dalam kriteria ideal adalah krim yang efektif dan juga relatif aman.

Selain itu, jenis kulit yang berbeda membutuhkan krim pemutih kulit yang berbeda pula.

dan oleh karena itu, langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan jenis kulit Anda kemudian memilih krim yang paling cocok untuk jenis kulit Anda.