by

Review Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Dibanding Seri Sebelumnya

Kali ini, Apple sudah release smartphone terbarunya, iPhone 12. Meski Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 11, kini akan ada iPhone 12 di pasaran yang akan bersaing dengan smartphone dari pabrikan HP lainnya di pasar global.

Smartphone seri iPhone 11 sendiri diniliai sudah sangat mumpuni dan dapat menangani pekerjaan sehari-hari. Nah, apalagi dengan iPhone 12 yang akan segera dirilis. Anda pasti bertanya-tanya apa sih perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12 sebenarnya? Tentunya iPhone 12 memiliki pembaruan fitur dari seri iphone sebelumnya.

Berikut Fitur-fitur Terbaru iPhone 12 Dibanding Seri Sebelumnya

Menggunakan Display Sensor Sidik Jari

iPhone 12 menggunakan sensor Touch ID untuk fungsinya dengan menyembunyikannya dari layar smartphone.

Fungsi ini sudah digunakan oleh pesaing lain. Contoh pesaing yang sudah menggunakan teknologi ini termasuk Samsung pada Note 10 dan S10.

Upgrade Kamera Depan

Di perangkat iPhone 12 ini, Apple mengubah ukuran notch di kamera depan. Teknologi ini sebelumnya digunakan oleh pesaing lainnya, yaitu Oppo dan Xiaomi.

Teknologi 5G

Apple akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi 5G untuk mengakses Internet.

Hadir Dengan Hardware Terbaru

iPhone 12 hadir dengan teknologi hardware Qualcomm. Apple sebelumnya mengumumkan akan menggunakan Qualcomm untuk teknologi jaringan 5G.

Variasi Headset Terbaru

Menurut seorang analis di Mingchi-Kuo, ia mengharapkan adanya perbedaan ukuran headset, yaitu 5,4″, 6.1″ dan 6.7 “, yang akan disertakan dalam iPhone 12.

Performa Dapur Pacu yang Lebih Cepat Dibanding iPhone 11

Meskipun tidak ada rincian antarmuka pengguna yang akan digunakan iPhone 12, telah dilaporkan bahwa Apple menggunakan layar 60Hz/120Hz untuk iPhone 12 yang akan segera dirilis.

Fast Charging

iPhone 12 dikabarkan akan menggunakan tipe USB untuk chargingnya. USB-C sebelumnya sudah digunakan oleh pengguna Android untuk pengisian lebih cepat.

Keunggulan Iphone 12

Berikut adalah kelebihan-kelebihan iPhone 12:

Menggunakan Layar Terbaru Dengan Refresh Rate 120Hz

Bocoran iPhone 12 terbaru adalah iPhone 12 akan hadir dengan refresh rate 120Hz.

Dengan kualitas tersebut, iPhone 12 menyamai kualitas layar iPad Pro 2020 yang dirilis Apple baru-baru ini. iPhone 12 juga dikabarkan menyesuaikan tampilan ProMotion, yang memungkinkan tampilan iPhone 12 menyesuaikan kecepatan refresh dengan aplikasi untuk mengurangi konsumsi baterai.

Kualitas layar iPhone 12 sudah jauh melesat dibanding seri sebelumnya, yakni iPhone 11. Sedangkan untuk perangkat keluaran 2019 hanya dibekali refresh rate 60Hz, yang hanya separuh kualitasnya. Jika rumor tersebut benar, maka iPhone 12 akan menjadi iPhone pertama yang mengusung teknologi layar setinggi ini.

Varian 3 Pilihan Warna

Layaknya model iPhone 11, iPhone terbaru hadir dalam tiga varian di tahun 2020. Original Series, Pro Series dan Pro Max, lalu apa perbedaan ketiganya?

Menurut Apple Insider, perbedaan yang diharapkan ada pada kapasitas RAM, jumlah kamera, material bodi, dan tampilan. Namun, detailnya masih belum dikonfirmasi.

Performa Baterai Jauh Lebih Tinggi dari Seri Sebelumnya

iPhone 11 Pro Max masih unggul dengan kapasitas baterai 3969mAh, tertinggi di kelas iPhone. Menurut informasi dari situs 9to5mac, dapat memakan waktu pakai hingga 8 jam dan 32 menit tanpa mengisi daya dan mengalahkan saingannya Samsung Note 10+.

Kini, iPhone 12 akan dibekali baterai berkapasitas 4400 mAh. Meskipun ada banyak smartphone Android yang sudah menggunakan kapasitas bateri diatas itu, tetapi Apple dengan iOS-nya sudah terkenal karena kinerjanya yang efisien dalam hal penggunaan baterai, jadi tidak perlu meragukan kinerja baterainya.

Upgrade Terbaru Face ID dan Kamera Selfie

Selain kinerja layar dan baterai, Weinbach menambahkan bahwa Apple akan meningkatkan fitur Face ID pada iPhone 12. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci smartphone dari berbagai sudut dan jarak melalui Face ID.

Artinya, Apple akan mengutak-atik kamera depan iPhone 12 sedemikian rupa. Menurut laporan dari Techradar, kamera selfie iPhone 12 mendukung Light Detection dan Ranging Sensor. Fungsi di kamera ini bisa meningkatkan autofocus dan augmented reality saat mengambil gambar. Dengan kata lain, mungkin saja fitur Light Detection & Ranging Sensor telah ditambahkan pada iPhone 12.

Upgrade Desain

Dalam tiga tahun setelah peluncurannya, Apple memperkenalkan desain yang kira-kira sama untuk setiap seri iPhone, yaitu ujung bundar yang nyaman untuk dipegang. Namun iPhone 12 kali ini tampaknya memiliki desain yang berbeda dari sebelumnya.

Notch iPhone 12 akan tetap ada. Namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sedangkan untuk dimensi iPhone, setiap varian diperkirakan sebagai berikut:

  • iPhone 12 dengan ukuran 5,4 inci
  • iPhone 12 Pro dengan ukuran 6,1 inci
  • iPhone 12 Pro Max 6,7 inci

“Kamera Boba” Masih Disematkan di iPhone 12

Menurut Macworld, kamera iPhone 12 masih sama dengan iPhone 11. Ya, kali ini Apple juga akan menyediakan “Boba Camera” untuk iPhone 12. Rumor menyebutkan bahwa kali ini tiga kamera mundur akan ditempatkan dalam satu kotak, meski dengan penempatan lensa yang berbeda. Ada juga slot sensor LiDAR tambahan di dalam kotak.

Kekurangan iPhone 12

Meskipun hadir dengan begitu banyak upgrade. iPhone 12 pasti memiliki kekurangan bila dibandingkan dengan merek lain, berikut ini kekurangannya.

Kapasitas Baterai dan Fungsi Charging Masih Dibawah Smartphone Android

Dibandingkan merek lain, flasghip smartphone lainnya memiliki baterai yang jauh lebih besar daripada baterai iPhone 12. Walaupun iOS dikenal dengan performa baterainya yang sangat efisien, namun akan lebih baik jika iPhone 12 menawarkan kapasitas baterai yang sama dengan merek ternama lainnya di atas 5000mAh.

Selain itu, merek lain juga melengkapi smartphone mereka dengan charger output lebih dari 20 watt dan rata-rata kecepatan pengisian penuh hanya dalam 60 menit.

Demikianlah pembahasan iPhone 12 berdasarkan spesifikasi, Kelebihan dan kekurangannya. Sekian pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.