by

Kulit Kusam: Gejala, Penyebab, Perawatan, Tips Memperbaiki Warna Kulit

Setiap hari, kulit terpapar berbagai polutan dan zat berbahaya serta bahan kimia. Mereka yang berada di daerah perkotaan lebih rentan terpapar oleh polutan dari kendaraan dan industri. Matahari juga berperan dalam kerusakan kulit karena sinar ultra violet yang dipancarkannya.

Faktor lain yang memperburuk kulit adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kemampuannya untuk beregenerasi dan mempertahankan penampilan awet muda. Jika semua faktor ini digabungkan dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit negatif. Salah satu kondisi kulit yang paling umum adalah kulit kusam.

Apa itu Kulit Kusam?

Kulit kusam pada dasarnya adalah kulit yang telah kehilangan kesegaran dan kecerahannya. Dalam keadaan normal, kulit menjadi lembap dan berminyak untuk mempertahankan kondisi kulit dalam keadaan halus dan cerah.

Kerusakan kulit mengurangi kemampuan kulit untuk melakukan ini dan hasilnya adalah kusam. Akumulasi sel-sel mati di permukaan kulit juga menjadi kontributor utama penyebab kulit kusam.

Gejala Kulit Kusam

Mungkin butuh waktu lama sebelum seseorang menyadari munculnya petanda kulit kusam. Hal ini terutama terjadi di area tubuh seperti lengan, kaki, dan dada. Namun ada beberapa gejala yang akan muncul dan menandakan bahwa kulit mulai menjadi kusam.

BACA JUGA  Formulyst Luminous Skin Serum - Efektif atau Tidak?

Gejala umumnya tentu saja turunnya tingkat kecerahan kulit. Kekurangan air ditambah sel kulit mati juga menyebabkan terbentuknya lapisan kulit yang lebih gelap. Gejala lain yang menyertai kulit kusam termasuk kerusakan kulit, Anda akan melihat timbulnya kondisi seperti bintik matahari.

Penyebab Kulit Kusam

Ada berbagai faktor yang berperan menyebabkan kulit kusam. Faktor-faktor ini mungkin biologis, psikologis, lingkungan, atau keturunan. Beberapa orang secara alami memiliki kulit kusam yang mereka warisi dari anggota keluarga terdahulu. Kondisi seperti itu sulit diatasi karena bahkan setelah perawatan, kemungkinan kambuh masih tinggi.

Faktor lingkungan termasuk polutan seperti bahan kimia dan debu. Mereka merusak sel kulit sehingga menyebabkan kusam. Faktor lain yang berkontribusi terhadap kulit kusam termasuk gaya hidup yang tidak sehat dan pilihan nutrisi yang tidak tepat.

Paparan sinar UV dari matahari juga merupakan penyebab utama kulit kusam. Penyebab terakhir adalah penuaan. Kulit menjadi lebih rentan terhadap kerusakan seiring bertambahnya usia.

Perawatan Kulit Kusam

Untungnya, kulit kusam bukanlah sesuatu yang tidak bisa kita rubah atau kita perbaiki. Kulit kusam membuat kita merasa tidak percaya diri. Ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk kondisi seperti ini. Opsi-opsi ini dibahas sebagai berikut.

Kelembapan

Air berperan penting dalam menjaga sel-sel kulit tampak sehat. Dengan air yang cukup, kulit akan tampak hidup dan bercahaya. Selain itu, airlah yang membantu kulit mempertahankan elastisitas dan kekencangannya sehingga berkontribusi lebih jauh pada kulit yang glowing.

BACA JUGA  Rodan+Fields Brightening Hand Treatment - Efektif atau Tidak?

Kurangnya kelembapan menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan karakteristik glowing. Proses kelembapan ini melibatkan penggunaan produk-produk pelembap kulit dan juga minum banyak air. Orang dengan jenis kulit kering sangat rentan terhadap kulit kusam akibat kelembapan kulit yang tidak memadai.

Pijat

Anehnya, pijatan dapat membantu menjaga kulit Anda tetap cerah dan bercahaya. Minyak pijat yang digunakan sangat bermanfaat untuk membuat kulit tetap cerah.

Selain itu, pijatan meningkatkan aliran darah di dalam kulit. Ini meningkatkan pengiriman nutrisi ke sel kulit sehingga membuat kulit lebih sehat.

Pengelupasan

Pengelupasan adalah proses di mana sel-sel kulit mati dikeluarkan. Ini adalah salah satu teknik paling efektif dan teraman untuk merawat kulit kusam.

Kulit dapat dikelupas menggunakan berbagai perawatan rumahan, pembersih komersial dan produk scrub pengelupasan yang khusus. Setelah kulit terkelupas, kulit yang lebih terang di lapiasan bawah akan terlihat.

Minum banyak air

Minum air yang cukup adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. Delapan gelas air sehari direkomendasikan untuk fungsi tubuh yang baik termasuk membuat kulit lebih sehat.

Pencerah kulit

Ini adalah cara paling efektif untuk merawat kulit kusam. Pencerahan kulit dilakukan dengan menggunakan produk pencerah kulit komersial yang ada dipasaran atau melalui prosedur medis tertentu. Beberapa produk rumahan untuk mencerahkan kulit juga bisa digunakan.

Tips memperbaiki warna kulit

Kendalikan apa yang Anda makan

Kebiasaan asupan nutrisi Anda sangat berperan penting dalam memerangi kulit kusam. Agar kulit Anda sehat, terntunya Anda harus memakan makananan yang sehat.

BACA JUGA  9 Perawatan Rumahan Rahasia Mengatasi Kulit Kendur yang Terbukti Efektif

Hindari makanan berlemak dan kandungan gula yang tinggi. Sebaliknya perbanyak makan buah dan sayur.

Berhenti meminum alkohol

Anda peminum alkohol? Meskipun Anda berusaha keras menghilangkan kulit kusam tetapi Anda tetap mengonsumsi alkohol, maka upaya Anda sia-sia.

Alkohol menghancurkan sel-sel kulit dan kulit Anda akan kembali kusam dengan cepat. Karena itu, kurangi atau bahkan lebih baik lagi hindari alkohol sama sekali.

Mengelupaskan kulit kering

Singkirkan kulit kering itu melalui pengelupasan dan pelembap. Setelah kulit lama Anda hilang, lapisan baru yang lebih cerah akan terbentuk. Prosedur medis seperti chemical peeling juga dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang tua dan kering.

Mulailah hari Anda dengan vitamin C

Vitamin C adalah salah satu produk kesehatan kulit terbaik yang dapat Anda manfaatkan. Vitamin C memelihara sel-sel kulit dan meningkatkan kekebalan yang melindungi kulit dari patogen.

Memulai hari Anda dengan vitamin C, baik dalam bentuk buah-buahan, sayur-sayuran atau apapun yang tersedia, artinya Anda akan menjaga kulit Anda tetap cerah dan sehat sepanjang hari.

Tingkatkan kelembapan kulit Anda

Seperti yang disebutkan, kulit membutuhkan kelembapan yang cukup agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Anda dapat meningkatkan kelembapan kulit Anda dengan meminum banyak air sepanjang hari atau menggunakan produk pelembap seperti krim dan sejenisnya.